Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping Mahasiswa Program Studi Profesi Ners Universitas Hasanuddin = Description of Academic Stress and Coping Strategies For Students of The Professional Study Program at Hasanuddin University


Nurkhofifah, Siti (2022) Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping Mahasiswa Program Studi Profesi Ners Universitas Hasanuddin = Description of Academic Stress and Coping Strategies For Students of The Professional Study Program at Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181359_skripsi_30-12-2022 cover1.png

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011181359_skripsi_30-12-2022 1-2.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011181359_skripsi_30-12-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011181359_skripsi_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 March 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Siti Nurkhofifah. R011181359. GAMBARAN STRESS AKADEMIK DAN STRATEGI KOPING MAHASISWA PROGRAM STUDI PROFESI NERS UNIVERSITAS HASANUDDIN. Dibimbing oleh Rosyidah Arafat dan Indra Gaffar
Latar Belakang : Stress akademik yang biasa terjadi karena adanya tuntutan yang timbul selama menempuh masa pendidikan dan biasa terjadi ketika mengalami ketegangan emosi pada saat terjadi kegagalan dalam memenuhi tuntutan tersebut. Langkah untuk mengatasi stress yang disebabkan oleh stressor memerlukan strategi koping yang efektif. Sehingga penting bagi mahasiswa untuk memiliki koping yang tepat untuk mendukung dalam menghadapi stress dalam jangka panjang yang dapat berdampak pada fisik dan mental mahasiswa.
Tujuan : Untuk mengetahui gambaran stress akademik dan strategi koping pada mahasiswa Program Studi Profesi Ners Universitas Hasanuddin.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian adalah metode survey. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling pada 122 mahasiswa. Kuesioner yang digunakan adalah Perceived Stress Scale (PSS-10) dan Brief-COPE (Coping Orientation of Problems Experienced).
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden yang mengalami stress akademik ringan akan menggunakan strategi koping maladaptif sebanyak 4 responden (80%), lebih banyak responden yang mengalami stress akademik sedang akan menggunakan strategi koping maladaptif sebanyak 49 responden (52,1%), dan mayoritas responden yang mengalami stress akademik berat akan menggunakan strategi koping adaptif sebanyak 14 responde (60,9%).
Kesimpulan dan Saran : Gambaran stress akademik mahasiswa mayoritas mengalami stress akademik sedang dan untuk strategi koping lebih banyak mahasiswa yang menggunakan mekanisme koping maladaptif. Diharapkan institusi pendidikan agar lebih memperhatikan kemungkinan terjadinya stress akademik pada mahasiswa. Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dengan pembelajaran saat profesi, dapat memanajamen waktu secara efektif, dan tidak menunda-nunda mengerjakan tugas. Selain itu, diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar memfokuskan kepada faktor-faktor penyebab stress seperti manajemen waktu, beban keuangan, dukungan sosial, dan faktor kepribadian yang dapat menyebabkan terjadinya stress akademik pada mahasiswa

Kata Kunci : Mahasiswa, stress akademik, strategi koping

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students, academic stress, coping strategies
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:12
Last Modified: 09 Mar 2023 07:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item
View Item