ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING PADA USAHA BIMBINGAN BELAJAR (BIMBEL) DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS: AMSTERDAM INSTITUTE) = ANALYSIS OF COMPETITIVE ADVANTAGE STRATEGY ON LEARNING COURSE IN MAKASSAR CITY (STUDY CASE: AMSTERDAM INSTITUTE)


Arif, Muh. (2022) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING PADA USAHA BIMBINGAN BELAJAR (BIMBEL) DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS: AMSTERDAM INSTITUTE) = ANALYSIS OF COMPETITIVE ADVANTAGE STRATEGY ON LEARNING COURSE IN MAKASSAR CITY (STUDY CASE: AMSTERDAM INSTITUTE). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012202061_tesis_30-12-2022 COVER1.jpg

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012202061_tesis_30-12-2022 BAB 1-2.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012202061_tesis_30-12-2022 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012202061_tesis_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUHAMMAD ARIF. Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Pada Usaha Bimbingan Belajar (BIMBEL) di Kota Makassar (Studi Kasus: Amsterdam Institute). Dibimbing oleh Dr. H. Jusni, SE., M.Si. dan Dr. Hj. Wardhani Hakim, SE., M.Si.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal dari Amsterdam Institute. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif dengan metode IFAS, EFAS, SWOT dan AHP. Berdasarkan hasil analisis SWOT, didapatkan bahwa Amsterdam Institute disarankan untuk melakukan strategi progresif dengan memanfaatkan kekuatan (Strength) internal perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari peluang (Opportunity) eksternal untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Amsterdam Insitute.
Berdasarkan hasil dari pengolahan data tersebut maka didapatkan urutan strategi dari yang paling diutamakan sampai tidak diutamakan oleh pihak–pihak yang berhubungan dengan Amsterdam Institute adalah menarik minat orang tua siswa dan siswa dengan pengajar dan staff (SDM) yang andal dan berkompeten, menerapkan metode pembelajaran yang variatif dan berbasis teknologi untuk menarik pasar, menambah program belajar dan jenis kelas untuk beberapa persiapan ujian, melakukan kerjasama dengan lembaga atau sekolah untuk memperluas jangkauan promosi, menawarkan program belajar mengajar dengan metode tatap muka, mempertahankan kualitas pengajaran dan fasilitas dengan biaya yang terjangkau dan melakukan pemasaran secara intensif dan konsisten dengan memanfaatkan testimoni alumni yang sudah banyak berhasil. Penelitian ini melakukan uji perbedaan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan strategi daya saing pada Amsterdam Institute dengan lembaga bimbingan belajar lain di Kota Makassar. Hasil uji perbedaan menunjukkan bahwa secara signifikan tidak terdapat perbedaan strategi daya saing pada Amsterdam Institute dengan lembaga bimbingan belajar lain di Kota Makassar. Dengan demikian Amsterdam Institiute disarankan untuk menyusun strategi yang lebih baik dari kompetitor agar bisa menonjol dari yang lain dari segi kualitas dan daya saing.

Kata kunci: Analisis Strategi, Bimbingan Belajar, Daya Saing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Strategi, Bimbingan Belajar, Daya Saing.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:45
Last Modified: 27 Feb 2023 01:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25326

Actions (login required)

View Item
View Item