FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS TAMMERODDO KAB MAJENE


Ainun, Sarifa (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS TAMMERODDO KAB MAJENE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181027_skripsi_30-11-2022 cover1.png

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181027_skripsi_30-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181027_skripsi_30-11-2022 1-2.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181027_skripsi_30-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Seiring perkembangan zaman, masyarakat sudah mulai menambahkan kebutuhan-kebutuhan baru dalam menunjang keberhasilan hidup, salah satunya dalam bidang kesehatan. Pola pikir masyarakat ini mengharuskan penyedia jasa pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya (Mongkaren, 2013)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan pasien rawat inap di Puskesmas Tammeroddo Kab. Majene. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan menggunakan desain Cross Sectional Study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 orang yang diambil dari jumlah kunjungan pasien yang datang 3 bulan terakhir di Puskesmas Tammeroddo Kab. Majene. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling.
Berdasarkan jenis kelamin sebagian besar responden adalah perempuan sebanyak 27 orang (62,8%) dan laki-laki sebanyak 16 orang (37,2%), berdasarkan umur sebagian besar reponden berada pada tingkat umur 17-25 sebanyak 16 orang (37,2%), berdasarkan pekerjaan sebagain besar responden adalah tidak bekerja sebanyak 16 orang (37,2%). Hasil analisis Birvariat antara variabel independen dengan variabel dependen menunjukkan bahwa variabel kelangsungan pelayanan p= 0,02 (p<0,05), akses terhadap pelayanan p=0,048 (p<0,05), hubungan antar manusia p=0,037 (p<0,05), dan kenyamanan p=0,036 (p<0,05) berhubungan dengan kualitas pelayanan kesehatan pasien rawat inap.
Saran yang diberikan adalah agar petugas kesehatan lebih meningkatkan dan menjaga kebersihan sarana dan prasarana puskesmas, karena hal ini berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Paien, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:17
Last Modified: 16 Feb 2023 02:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25081

Actions (login required)

View Item
View Item