Nurliyah, Nurliyah (2022) Hubungan Citra Merek (Brand Image) Dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2022 = Brand Image And The Patient's Decision To Choose Health Services In The Intensive Unit Of Hospital Anugrah Pangkajene, Sidenreng Rappang Regency In 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011181520_skripsi_07-11-2022 cover1.png
Download (134kB) | Preview
K011181520_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
K011181520_skripsi_07-11-2022 dp.pdf
Download (1MB)
K011181520_skripsi_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2025.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Rumah sakit berusaha mengembangkan strategi pemasaran yang meningkatkan citra masyarakat dalam rangka meningkatkan kepuasan, loyalitas pasien dan kinerja. Rumah sakit Anugrah terbilang baru, awalnya hanya klinik Dokter Spesialis pada tahun 2000 kemudian pada tahun 2005 menjadi Rumah Sakit khusus dan di tahun 2015 telah menjadi Rumah Sakit Umum swasta. Jumlah kunjungan pasien rawat inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene 3 tahun terakhir mengalami penurunan, perubahan jumlah kunjungan pasien yang terjadi bisa dikarenakan pasien telah dikatakan sembuh, sehingga tidak perlu lagi datang untuk berobat atau tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan brand image dengan keputusan pasien memilih pelayanan kesehatan pada unit rawat inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene Kab. Sidenreng Rappang Tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Anugrah yang berjumlah 57 orang dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Analisis data menggunakan Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image yang berpengaruh terhadap keputusan pasien adalah lingkungan fisik (physical environment) (p value=0,038), pegawai rumah sakit (contact personnel) (p value=0,014), dan pelayanan yang diberikan (service offering) (p value=0,008). Sedangkan variabel brand image yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pasien adalah identitas rumah sakit (corporate identity) (p value=0,629). Dari hasil penelitian diharapkan agar pihak rumah sakit memperbaiki papan nama rumah sakit agar terlihat lebih jelas dari jalan, memperluas area parkir serta memperbaiki fasilitas pendukung seperti ATM, kantin. Dokter dan perawat harus lebih tanggap dalam melayani pasien serta selalu siap di rumah sakit jika pelayanan berlangsung.
Keywords : Citra Merek, Keputusan Pasien, Rawat Inap
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Image, Patient Decision, Hospitalization |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 03:03 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 03:03 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24803 |