GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RAWAT JALAN RSUD KOTA MAKASSAR


Sirappa, Egghy Yosiana (2022) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RAWAT JALAN RSUD KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181327_skripsi_30-12-2022 cover1.png

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011181327_skripsi_30-12-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011181327_skripsi_30-12-2022 1-2.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011181327_skripsi_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Egghy Yosiana Sirappa. R011181327. GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RAWAT JALAN RSUD KOTA MAKASSAR. Dibimbing oleh Indra Gaffar dan Andi Fajrin Permana.

Latar Belakang : Kesehatan adalah kebutuhan dasar manusia agar dapat hidup layak dan produktif, untuk itu diperlukan penyelenggara pelayanan kesehatan yaitu jaminan BPJS Kesehatan. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan perorangan di rumah sakit yaitu kepuasan pasien. Menurut Depkes RI tahun 2015, masih ditemukan adanya keluhan tentang ketidakpuasan pasien. Rata-rata hasil data yang didapatkan dari beberapa rumah sakit di Indonesia menunjukan 67% pasien yang mengeluh adanya ketidakpuasan dalam penerimaan pelayanan kesehatan. Rendahnya angka kepuasan pasien akan berdampak terhadap perkembangan rumah sakit maupun puskesmas.
Tujuan Penelitian : Diketahuinya gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan BPJS di rawat jalan RSUD Kota Makassar
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan pengguna BPJS Kesehatan di RSUD Kota Makassar sebanyak 1.337 pasien. Sampel pada penelitian ini sebanyak 211 pasien menggunakan teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling. Instrument yang digunakan berupa kuisioner kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan di RSUD Kota Makassar.
Hasil : Hasil pada penelitian ini diperoleh tingkat kepuasan pasien terhadap ketanggapan (Responsiveness) adalah 19% menyatakan puas dan 81% menyatakan tidak puas. Terhadap jaminan (Assurance) adalah 89,6% menyatakan puas dan 10,4% menyatakan tidak puas. Terhadap bukti fisik (Tangible) adalah 78,7% menyatakan puas dan 21,3% menyatakan tidak puas. Terhadap perhatian (Empathy) adalah 95,7% menyatakan puas dan 4,3% menyatakan tidak puas. Terhadap kehandalan (Reliability) adalah 81,5% menyatakan puas dan 18,5% menyatakan tidak puas.
Kesimpulan dan Saran : Secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan terhadap pelayanan di rawat jalan di RSUD Kota Makassar yaitu 76,8% merasa puas dan 23,2% merasa tidak puas. Disarankan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, BPJS Kesehatan, Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:02
Last Modified: 07 Feb 2023 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24710

Actions (login required)

View Item
View Item