DISKRESI DALAM PELAYANAN KESEHATAN KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PADA PELAYANAN HOME CARE DI PUSKESMAS KASSI-KASSI)


HASANAH, NURUL USWATUN (2019) DISKRESI DALAM PELAYANAN KESEHATAN KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PADA PELAYANAN HOME CARE DI PUSKESMAS KASSI-KASSI). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_E21115019_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_E21115019(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (959kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_E21115019(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_E21115019(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Nurul Uswatun Hasanah (E211 15 019). Diskresi Dalam Pelayanan Kesehatan Kota Makassar (Studi Kasus Pada Pelayanan Home Care Di Puskesmas Kassi-Kassi), (xv + 90 Halaman + 6 Tabel + 4 Gambar + 25 Daftar Pustaka + 22 Lampiran)
Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan diskresi yang di ambil oleh Street Level Bureaucrat terhadap dilema dalam pelayanan Home Care di Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara Observasi, wawancara dan analisis dokumen yang relevan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian terhadap diskresi dalam pelayanan kesehatan Kota Makassar ( Studi kasus pada pelayanan Home Care di Puskesmas Kassi-Kassi) dapat dilihat dari empat indikator menurut Lipsky (1980) yaitu biaya pelayanan,waktu pelayanan, informasi pelayanan dan etika pelayanan. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa masih ditemukannya dilema yang terjadi yaitu pada waktu pelayanan dan informasi pelayanan. Sehingga diskresi yang diambil oleh Tim Dottoro’ta Puskesmas Kassi-Kassi memberikan pelayanan maksimal serta melibatkan tim-tim dottoro’ta untuk memberikan pelayanan ketika permintaan layanan Home Care di waktu yang bersamaan sehingga pelayanan yang diberikan reponsif terhadap pasien.
Kata Kunci : Birokrasi Garis Depan dan Diskresi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:09
Last Modified: 23 Feb 2021 04:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item
View Item