CYBERPOLITICS SEBAGAI RUANG DEMOKRASI DIGITAL (Studi tentang Kampanye Online di Pilkada Kota Makassar 2020) = CYBERPOLITICS AS A DIGITAL DEMOCRACY SPACE (Study on Online Campaign in Makassar City Election 2020)


Ahmad, Sri Widyawati (2022) CYBERPOLITICS SEBAGAI RUANG DEMOKRASI DIGITAL (Studi tentang Kampanye Online di Pilkada Kota Makassar 2020) = CYBERPOLITICS AS A DIGITAL DEMOCRACY SPACE (Study on Online Campaign in Makassar City Election 2020). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041181013_skripsi_16-09-2022 cover1.png

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041181013_skripsi_16-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041181013_skripsi_16-09-2022 dp.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041181013_skripsi_16-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Demokrasi digital saat ini telah menciptakan simbiosis teknologi elektronik dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dengan masyarakat dan negara. Ruang siber telah memasuki ranah politik, yang dikenal dengan sebutan cyberpolitics, hal ini menjadi sangatlah penting untuk dibahas terkhususnya pada kampanye digital saat ini. Instagram menjadi platform yang sangatlah populer di pemilih, menjadikan instagram dapat menjadi kekuatan sebagai media dalam kampanye pilkada, dalam hal ini Pemilihan Walikota Makassar 2020. Berdasarkan itu penelitian ini memfokuskan pada bagaimana Media Instagram dimanfaatkan oleh Generasi Milenial pada Pilkada Kota Makassar Tahun 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemanfaatan instagram oleh generasi milenial dan dapat meningkatkan partisipasi Pemilu di Kota Makassar pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar. Waktu penelitian ini dimulai dari bulan Maret 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, studi pustaka serta observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media instagram sangat dimanfaatkan oleh pemilih dalam pilkada kota Makassar 2020, terkhususnya sebagai media dalam kampanye, hal ini dapat memberikan pengaruh pada pemilihan pilwalkot makassar 2020, dengan menggunakan berbagai fitur di instagram tentunya dapat lebih bermanfaat dalam penambahan informasi mengenai pilkada. Dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratification.

Keywords : Cyberpolitics, Milenial, Pilkada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cyberpolitics, Millennial, Regional head election
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:27
Last Modified: 04 Jan 2023 00:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24052

Actions (login required)

View Item
View Item