ADAPTASI PENGURUS BADAN USAHA MILIK DESA(BUMDesa) DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KAMBUNO DAN ARA KABUPATEN BULUKUMBA = ADAPTATION OF THE MANAGEMENT OF VILLAGE OWNED BUMDes(BUMDesa) IN THE ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC IN INCREASING COMMUNITY WELFARE IN KAMBUNO AND ARA VILLAGES BULUKUMBA REGENCY


Sosiawan, Aryo (2022) ADAPTASI PENGURUS BADAN USAHA MILIK DESA(BUMDesa) DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KAMBUNO DAN ARA KABUPATEN BULUKUMBA = ADAPTATION OF THE MANAGEMENT OF VILLAGE OWNED BUMDes(BUMDesa) IN THE ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC IN INCREASING COMMUNITY WELFARE IN KAMBUNO AND ARA VILLAGES BULUKUMBA REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032202003_tesis_28-09-2022 cover1.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032202003_tesis_28-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032202003_tesis_28-09-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032202003_tesis_28-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 December 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ARYO SOSIAWAN. Adaptasi Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Era Pandemi Covid-19 dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Kambuno dan Ara Kabupaten Bulukumba (dibimbing Muh.Iqbal Latief dan Rahmat Muhammad).
Adanya kondisi Pandemi Covid-19 membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) sebagai bagian dari kelembagaan sosial akan sulit untuk bisa meningkatkan pendapatannya di setiap unit usaha pada masa Pandemi Covid-19 karena keterbatasan dan berkurangnya ruang aktivitas sosial yang dilakukan.Namun, yang menarik dari hasil Studi Pendahuluan ditemukan bahwa meskipun di Masa Pandemi Covid-19 saat ini di Badan Usaha Milik Desa yang ada di Desa Kambuno dan Desa Ara mampu untuk menunjukkan kinerjanya yang positif selama Badan Usaha Milik Desa pada masa Pandemi Covid-19 untuk meningkatkan pendapatannya.Penelitian ini bertujuan menganalisis (1). adaptasi Pengurus Badan Usaha Milik Desa(BUMDesa) terhadap usaha Bumdes di Era Pandemi Covid-19,(2). aktor yang memainkan peran terhadap proses Adaptasi, dan (3). aspek yang mempengaruhi proses Adaptasi. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara Mendalam, dan Focus Group Discussion (FGD). Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan sumber data melalui Data primer dan sekunder, serta teknik analisis Data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan adaptasi yang dilakukan oleh pengurus Bumdes di Desa Kambuno dan desa Ara, yaitu di Desa Kambuno adaptasi dilakukan dengan mengalokasikan dana cadangan sisa hasil usaha 5% untuk mengantisipasi efek Pandemi Covid-19 terhadap bidang usaha yang ada, seperti Pariwisata, Pelayanan Jasa dan Perdagangan. Adapun di Desa Ara adaptasi yang dilakukan dengan cara diversifikasi Unit Usaha Simpan Pinjam antara lain Pengolahan Sampah Plastik berbasis Potensi Lokal. Adapun aktor yang berperan selama Pandemi Covid-19 yaitu Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa. Namun, hasil penelitian menunjukkan ada 3 aspek yang mempengaruhi adaptasi (1). Aspek Sosial, (2). Aspek Ekonomi, (3). Aspek Kesehatan. Saran dari penelitian ini adalah menjadi bahan untuk melakukan kajian yang intensif terhadap Bumdes selama Pandemi Covid-19.

Kata kunci : Sosial, Peran Actor dan Aspek Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Social adaptation, Role of actors and aspects of the Covid-19 pandemie
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:02
Last Modified: 03 Jan 2023 08:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24033

Actions (login required)

View Item
View Item