Asbar, A. Evi Nurfawali (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA MAKASSAR = THE ANALYSIS OF INQUIRY LEARNING COMMUNICATION EFFECTIVENESS ON KNOWLEDGE LEVEL OF STUDENTS OF STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 2 OF MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
E022201003_tesis_06-07-2022 cover1.png
Download (113kB) | Preview
E022201003_tesis_06-07-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
E022201003_tesis_06-07-2022 dp.pdf
Download (2MB)
E022201003_tesis_06-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2024.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Pada masa transisi, proses pembelajaran dari daring (online) menjadi luring, menyebabkan peserta didik membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam proses pembelajaran. Maka dari itu dibutuhkan adanya inovasi dalam pembelajaran dimana guru dapat memilih metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pembelajaran inkuiri
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis bentuk komunikasi pembelajaran inkuiri terhadap tingkat pengetahuan siswa pada mata pelajaran IPA, (2) menganalisis efektivitas komunikasi pembelajaran inkuiri terhadap tingkat pengetahuan siswa pada mata pelajaran IPA selama pembelajaran luring, (3) menganalisis pengaruh komunikasi pembelajaran inkuiri terhadap tingkat pengetahuan siswa pada mata pelajaran IPA selama pembelajaran luring.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif correlation. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa kelas VIII dengan teknik cluster random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk komunikasi yang digunakan di SMPN.2 Kota Makassar selama menggunakan pembelajaran inkuiri adalah komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok, (2) komunikasi pembelajaran inkuiri dinilai efektif, berdasarkan data yang diperoleh dilihat dari adanya ketertarikan peserta didik terhadap pesan yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, guru menyampaikan pesan secara jelas melalui gambar, suara dan tulisan, (3) ada pengaruh positif dan signifikan komunikasi pembelajaran inkuiri terhadap tingkat pengetahuan siswa di SMPN. 2 Makassar. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai R Square sebesar 0,380.
Keywords : komunikasi pembelajaran, pembelajaran inkuiri, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning communication, Inquiry learning, Learning outcome |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 06:59 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23960 |