Rudolf, Arnoldus (2022) KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN DI KAWASAN PERBATASAN REPUBLIK INDONESIA-PAPUA NUGINI DISTRIK SOTA KABUPATEN MERAUKE = QUALITY OF SERVICES OF 9 YEARS OF BASIC EDUCATION IN THE BORDER AREA OF THE REPUBLIC OF INDONESIA-PAPUA NUGINI, SOTA DISTRICT, MERAUKE REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
E012191028_tesis_07-06-2022 cover1.png
Download (131kB) | Preview
E012191028_tesis_07-06-2022 1-2.pdf
Download (849kB)
E012191028_tesis_07-06-2022 dp.pdf
Download (1MB)
E012191028_tesis_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2024.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Arnoldus Rudolf. Kualitas Pelayanan Pendidikan Dasar 9 Tahun Di Kawasan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini Distrik Sota Kabupaten Merauke. (Dibimbing oleh Muh.Akmal Ibrahim dan Nurdin Nara).
Penelitian ini bertujuan Untuk Untuk Mengetahui dan menjelaskan Kualitas Pelayanan Pendidikan Dasar 9 Tahun Di Kawasan Perbatasan RI-PNG Distrik Sota Kabupaten Merauke dan Untuk Mengetahui bagaimana reliability, responsiveness, assurance dan empaty mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pendidikan Dasar 9 Tahun Di Kawasan Perbatasan RI-PNG Distrik Sota Kabupaten Merauke. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penelitian kualitatif . Hasil peneltian ini menunjukan 1) Untuk indikator Bukti Fisik (Tangibles) menunjukan bahwa kurangnya ketersediaan fasilitas, peralatan mengajar di sekolah - masih sangat terbatas, sedangkan untuk para guru berpakaian di sekolah saat ini sudah sangat sopan dan menggunakan seragam yang telah di sediakan oleh sekolah masing-masing. 2) Untuk indikator keandalan (reliability) menunjukan bahwa untuk guru bidang studi yang mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya menunjukan bahwa ada beberapa mata pelajaran yang di ajarkan tidak sesuai dengan bidang ilmunya. 3) Untuk indikator Daya Tanggap (Responsiveness) menunjukan bahwa peran guru dalam membantu siswa dengan segera terhadap materi pelajaran yang belum dimengerti saat ini masih kurang. 4) Untuk indikator Keyakinan (Assurance) menunjukan bahwa para guru kurang memberikan contoh keteladanan kepada murid dan siswa di sekolah, Selain juga para guru kurang membangkitkan kepercayaan murid sehingga murid kurang mendapatkan pengetahuan di kelas. 5) Untuk indikator Empati (Emphaty) menunjukan bahwa dalam pembelajaran di sekolah, para guru jarang memberikan motivasi kepada para siswa untuk terus belajar sehingga berdampak terhadap prestasi belajar siswa
Keywords : kualitas Pelayanan, Pendidikan dasar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service Quality, Basic education |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 03:09 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 03:09 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23901 |