KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MIMIKA = THE SERVICE QUALITY OF LAND CERTIFICATION AT THE LAND OFFICE OF MIMIKA REGENCY


Imanuel, Andrian Yoseph (2022) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MIMIKA = THE SERVICE QUALITY OF LAND CERTIFICATION AT THE LAND OFFICE OF MIMIKA REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181332_skripsi_02-06-2022 cover1.png

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181332_skripsi_02-06-2022 1-2.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181332_skripsi_02-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181332_skripsi_02-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Andrian Yoseph Imanuel (E011181332), “Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Mimika”. (Dibimbing Oleh Syahribulan dan Muhammad Rusdi)

Pelayanan publik merupakan hal yang wajib diselenggarakan dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga negara. Pelayanan publik dalam suatu negara dilakukan dalam berbagai hal meliputi pelayanan barang publik, jasa, dan pelayanan administratif agar masyarakat dapat memperoleh haknya sebagai warga negara dan memenuhi kewajiban pemerintah dalam meyelenggarakan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan dalam pengurusan sertifikat tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Mimika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pembuatan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Mimika sudah dapat dikatakan baik. Pada dimensi reliability, responsiveness, empathy Kantor Pertanahan Kabupaten Mimika sudah melakukan pelayanan dengan baik dan maksimal. Kendati demikian dari segi tangible yaitu ruang tunggu pelayanan masih perlu ada perbaikan agar dapat menampung semua masyarakat, dari segi assurance yaitu Kantor Pertanahan Kabupaten Mimika belum dapat memberikan kepastian waktu penyelesaian kepada masyarakat dikarenakan terbatasnya sumber daya manusia.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Sertifikat Tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Service Quality Certificate Land
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:50
Last Modified: 02 Jan 2023 02:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23879

Actions (login required)

View Item
View Item