Andri, Andri (2022) Perbandingan Metode Palmgren-Miner Dan Paris Erdogan Terhadap Umur Kapal Very Large Crude Carrier (VLCC) = Comparison of the Palmgren-Miner and Paris Erdogan Methods on the Age of the Very Large Crude Carrier (VLCC). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D081181009_skripsi_06-07-2022 cover1.png
Download (101kB) | Preview
D081181009_skripsi_06-07-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
D081181009_skripsi_06-07-2022 dp.pdf
Download (120kB)
D081181009_skripsi_06-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Permasalahan yang selalu terjadi pada bangunan apung atau struktur kapal yaitu kerusakan yang dapat menyebabkan struktur tersebut mengalami kegagalan. Kerusakan bangunan laut terutama terjadi akibat kelelahan (fatigue). Unit lepas pantai yang menua dapat mengalami kerusakan struktur yang terkait dengan berbagai jenis kerusakan yang ditimbulkan, termasuk elemen yang dibelokkan, penyok, robekan, retakan, kehilangan material dan perforasi. Masing-masing dapat mempengaruhi kekuatan struktur secara berbeda, dan harus dianalisis dengan teknik tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan umur kapal VLCC menggunakan metode Palmgren-Miner dan Paris Erdogan. Analisis kelelahan struktur kapal dilakukan dengan menggunakan metode Palmgren-Miner berdasarkan kurva S-N dengan mencari nilai tegangan signifikan (stress significant), jumlah dari siklus kegagalan (number of cycle) dan rentang tegangan (stress range) yang menghasilkan umur kapal VLCC. Adapun analisa kelelahan menggunakan metode Paris Erdogan dilakukan dengan menentukan parameter Stress Intensitiy Factor, besar crack propagation rate, dan umur lelah pada sambungan kritis. Pengaruh tegangan rata-rata (von mises stress) dan spektrum gelombang JONSWAP akan mempengaruhi nilai dari momen dan gaya yang bekerja pada kapal yang mempengaruhi waktu terjadinya 1 siklus kelelahan (mean zero crossing period) lebih cepat apabila beban yang diterima lebih besar yaitu sebesar tegangan maksimal sebesar 419,442 N/mm2 dan tegangan minimal sebesar 18,99 N/mm2. Pada penelitian ini, bottom plate digunakan dalam analisis umur kelelahan. Dengan asumsi bentuk crack semi – elliptical. Hasil analisis didapatkan nilai Nilai Stress Intensity Factor pada sambungan kritis retak awal adalah 2,59 mm. Nilai dari kecepatan perambatan retak adalah 2,6×10-6 in/cycle dengan meshing 300 mm. Hasil dari penelitian ini diperoleh umur kapal dengan metode Palmgren-Miner selama 17 tahun dan untuk metode Paris Erdogan selama 14 tahun.
Keywords : VLCC, Palmgren-Miner, Paris Erdogan, JONSWAP, von mises stress, kelelahan, stress intensitiy factor
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VLCC, Palmgren-Miner, Paris Erdogan, von mises stress, JONSWAP, fatigue, stress intensitiy factor |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Kelautan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:19 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23688 |