Jumaini, Jumaini (2022) PERFORMA KINERJA OPERASIONAL SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TERMINAL PETIKEMAS MAKASSAR = OPERATIONAL PERFORMANCE DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT THE MAKASSAR CONTAINER TERMINAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D081171013_skripsi_16-08-2022 cover1.png
Download (90kB) | Preview
D081171013_skripsi_16-08-2022 1-2.pdf
Download (2MB)
D081171013_skripsi_16-08-2022 dp.pdf
Download (177kB)
D081171013_skripsi_16-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
umaini “Performa Kinerja Operasional Selama Pandemic Covid-19 di Terminal Peti Kemas Makassar” dibimbing oleh Ashury, ST.,MT dan Dr. Ir. Chairul Paotonan, ST.,MT.
Dalam meningkatkan kinerja operasional terminal peti kemas dibutuhkan beberapa aspek untuk mendukung kinerja operasional suatu pelabuhan dan tahun ini, ada faktor yang menyebabkan terhambat kinerja operasional pada terminal peti kemas yaitu adanya pandemic Covid-19 yang menyebabkan berkurangnya jumlah call kapal yang masuk dan mempengaruhi kinerja operasional pada pelabuhan
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jenis sumber data yang digunakan yaitu dengan cara meninjau langsung kegiatan kepelabuhanan kemudian mengutip dari arsip atau dokumen dari instansi dalam hal ini Terminal Peti Kemas Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Hasil sebelum pandemic Covid : Waiting Time bulan Januari sebesar 108.31 jam, Berthing Time sebesar 43.65 jam (Gross) dan 22.81 jam (Net), Effectif Time bulan Februari sebesar 18.28 jam, Idle Time bulan Januari sebesar 16.83 jam (EXT) dan bulan Maret sebesar 2.75 jam (INT), Not Operation Ration Time bulan Februari sebesar 4.22 jam (EXT) dan bulan Januari sebesar 4.52 jam (INT), Berth Occupancy Ration (BOR) yaitu sebesar 35 %, Availability sebesar 85 % dan utilization sebesar 43 %. Hasil selama Pandemic Covid-19 : Waiting Time bulan Mei sebesar 9.09 jam, Berthing Time sebesar 25.16 jam (Gross) dan bulan sebesar 16.54 jam (Net), Effectif Time bulan April sebesar 13.88 jam, Idle Time bulan Desember sebesar 1.28 jam (EXT) dan bulan Oktober sebesar 1.09 jam (INT), Not Operation Ration Time bulan Juni sebesar 3.58 jam (EXT) dan bulan sebesar Desember 2.63 jam (INT), Berth Occupancy Ration (BOR) yaitu sebesar 34 %, Availability sebesar 89 % dan utilization sebesar 36 %.
Kata Kunci : Covid-19, Dermaga, Pelabuhan, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berth, Port, Service,Covid-19 |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Kelautan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 01:28 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 01:28 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23679 |