Nur, Faridjilham (2022) Pengukuran Kinerja Cluster Sales Officer PT Indosat Tbk Micro Cluster Palopo dengan Pendekatan Human Resources Scorecard = Measurement of the Performance with Human Resources Scorecard of Cluster Sales Officer on PT Indosat Tbk Micro Cluster Palopo. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D071181510_skripsi_17-06-2022 cover1.png
Download (151kB) | Preview
D071181510_skripsi_17-06-2022 1-2.pdf
Download (644kB)
D071181510_skripsi_17-06-2022 dp.pdf
Download (103kB)
D071181510_skripsi_17-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
PT Indosat Tbk Micro Cluster Palopo merupakan perusahaan yang bergerak dan bertanggung jawab terkait distribusi dan penjualan produk layanan telekomunikasi di area micro cluster Palopo. Perusahaan ini bertugas untuk meningkatkan revenue site dengan memperluas mitra distribusi yang tersebar di wilayah sekitar site. Pada saat ini kinerja yang dinilai pada perusahaan tersebut hanya terbatas pada target kerja finansial. Kompetensi dari perspektif yang lain kurang diperhatikan dalam menentukan kinerja perusahaan secara menyeluruh.
Penelitian ini dilakukan untuk membuat rancangan pengukuran kinerja sumber daya manusia dengan pendekatan Human Resources Scorecard. Proses pengambilan data dilakukan dengan mengidentifikasi strategy objectives, program inisiatif, dan KPI berdasarkan perspektif Human Resources Scorecard. Selanjutnya dari hasil identifikasi strategi yang didapatkan dirancang Key Performance Indicator (KPI) sebagai indikator alat ukur kerja.
Perancangan pengukuran kinerja pada PT Indosat Tbk Micro Cluster Palopo berdasarkan 4 perpektif yang digunakan menghasilkan 7 strategy objectives, 10 program inisiatif, dan 15 KPI. Pada pembobotan antar perspektif dari urutan tertinggi ke terendah didapatkan perspektif finansial sebesar 56,5%, diikuti oleh perspektif Internal Business Process sebesar 26,2%, perspektif Learning and Growth sebesar 11,8% dan yang terakhir perspektif customer sebesar 5,5%. Pada proses penilaian kinerja dengan metode skor OMAX didapatkan pengukuran kinerja keseluruhan (current performance indicator) sebesar 7,469. Penilaian tersebut berada pada indikator kuning traffic light system sehingga masih perlu meningkatkan kinerja dengan memperbaiki pencapaian kinerja yang belum maksimal.
Keywords : Sistem Pengukuran Kinerja, Human Resources Scorecard, Key Performance Indicator (KPI), Objective Matrix (OMAX)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Performance Measurement System, Human Resources Scorecard, Key Performance Indicator (KPI), Objective Matrix (OMAX |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 01:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 01:10 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23667 |