RESORT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS NEOVERNAKULAR DI PANTAI TABLOLONG, KABUPATEN KUPANG = RESORT WITH NEOVERNACULAR TROPICAL ARCHITECTURE APPROACH IN TABLOLONG BEACH, KUPANG REGENCY


Rista, Ridha Deshanty (2022) RESORT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS NEOVERNAKULAR DI PANTAI TABLOLONG, KABUPATEN KUPANG = RESORT WITH NEOVERNACULAR TROPICAL ARCHITECTURE APPROACH IN TABLOLONG BEACH, KUPANG REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51115301_skripsi_02-08-2022 cover1.png

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51115301_skripsi_02-08-2022 1-2.pdf

Download (731kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51115301_skripsi_02-08-2022 dp.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51115301_skripsi_02-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2024.

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

NTT merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mengalami kenaikan yang pesat di sektor pariwisata. Wisatawan yang berkunjung ke daerah atau obyek-obyek wisata di NTT berasal dari berbagai kota, bukan hanya domestik tapi juga mancanegara. Angka kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dan domestik selama beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan yang signifikan dan cukup pesat. Dengan demikian maka perlu adanya perhatian dari banyak pihak untuk penanganan terhadap sektor pariwisata di NTT sehingga semakin berkembang. Di wilayah Kabupaten Kupang Barat kegiatan kepariwisataan merupakan salah satu sektor yang perlu digenjot pertumbuhannya melalui pengembangan kawasan obyek wisata. Contoh pariwisata Ramah lingkungan adalah Pantai, Pantai Tablolong saat ini kurang optimal karena tidak didukung dengan prasarana dan sarana penunjang kepariwisataan yang memadai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis sintesa, dimana data-data yang didapatkan dari pengumpulan data yang terdiri dari,studi lapangan, studi pustaka dan studi banding. Keberadaan Resort di Pantai Tablolong sangat dibutuhkan untuk mendukung pengembangan daerah tersebut terutama untuk menarik wisatawan menengah ke atas yang merupakan pangsa pasar yang menguntungkan. Mengingat bahwa kekayaan budaya NTT perlu dijaga dan dilestarikan. Menggunakan pendekatan arsitektur neovernakular untuk mendukung pelestarian lingkungan budaya dan alam sekitarnya dan pendekatan Arsitektur tropis dalam rangka memanfaatkan iklim dan menghadirkan alam sebagai komponen dari desainnya.

Keywords : NTT, Wisatawan, Pantai Tablolong, arsitektur neovernakular

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NTT, Tourists, Tablolong Beach, neovernacular architecture
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:15
Last Modified: 25 Nov 2022 01:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item
View Item