Virtual Reality Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Lintas Platform Alternatif Konferensi Video Pada Masa Pandemi = Virtual Reality Classroom as Alternative Online Learning Platform To Video Conference During The Pandemic


Syariati, Kasmir (2022) Virtual Reality Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Lintas Platform Alternatif Konferensi Video Pada Masa Pandemi = Virtual Reality Classroom as Alternative Online Learning Platform To Video Conference During The Pandemic. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D032191008_tesis_27-04-2022 cover1.png

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D032191008_tesis_27-04-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D032191008_tesis_27-04-2022 dp.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D032191008_tesis_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 November 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Virtual Reality Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Lintas Platform Alternatif Konferensi Video Pada Masa Pandemi (dibimbing oleh Zahir Zainuddin dan Syafruddin Syarif).
Pandemi COVID-19 yang memaksa institusi pendidikan untuk melakukan pembelajaran secara daring terbukti menghadapi berbagai kendala, salah satunya adalah kebutuhan bandwith yang relatif besar dan kelas praktik sulit dilaksanakan melalui konferensi video. Penelitian ini berusaha mengeksplorasi penggunaan virtual reality sebagai metode pembelajaran jarak jauh dengan kebutuhan bandwidth lebih sedikit. Feed video kamera digantikan dengan representasi avatar 3D dan jumlah transfer data untuk kendali avatar dioptimasi lewat pengaturan netcull distance serta interpolasi gerakan animasi. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap; pertama untuk mengukur respon user terhadap penggunaan avatar sebagai pengganti feed kamera. Kedua, interaksi antar user dalam dunia virtual diamati untuk mengetahui tingkat optimasi yang dapat dilakukan. Dan ketiga, user dibagi menjadi beberapa kelompok tingkat interaksi sesuai sebara aktifnya user dalam dunia virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan bandwidth dapat ditekan hingga 44kbps per-channel koneksi tanpa user merasa perbedaan signifikan dengan metode konferensi video.

Keywords : virtual reality, pembelajaran jarak-jauh, e-learning, isolasi, metode pembelajaran hybrid

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, distance learning, e-learning, isolation, hybrid learning method
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:31
Last Modified: 17 Nov 2022 06:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item
View Item