Alwaini, Andi Iqra (2022) PREDIKSI TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DAN STEPPED V MENGGUNAKAN AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS = PREDICTION OF PLANING HULL RESISTANCE DUE TO THE EFFECT OF 10 DEADRISE AND STEPPED V USING AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031171516_skripsi_10-05-2022 cover1.png
Download (91kB) | Preview
D031171516_skripsi_10-05-2022 1-2.pdf
Download (898kB)
D031171516_skripsi_10-05-2022 dp.pdf
Download (2MB)
D031171516_skripsi_10-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Andi iqra alwaini / D031171516. ” PREDIKSI TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DAN STEPPED V MENGGUNAKAN AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS”. (Dibimbing oleh Ir. Lukman Bochary, MT. dan Prof. Ir. Mansyur Hasbullah M. Eng.)
Kapal memiliki beragam bentuk untuk memenuhi estetika maupun kebutuhan.terutama pada desain kapal cepat,berbagai alternatif digunakan pada lambung kapal tersebut dan salah satunya merupakan stepped hull dimana Stepped Hull adalah sebuah alternatif untuk lambung kapal planning atau bentuk kapal berkecepatan tinggi. Stepped Hull juga bertujuan untuk mengurangi jumlah permukaan lambung yang tercelup air, atau biasa juga berbentuk “V. Pada umumnya, stepped hull dapat meningkatkan kecepatan sekitar 10-15% sehingga pada prinsipnya stepped hull,penambahan stepped dapat mengurangi luas permukaan bidang basah kapal karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal dan akan menambah daya tekan keatas kapal (lifting force).pada penelitian kali ini desain yang digunakan memiliki bentuk stepped V. sementara pada penggunaan Jumlah dari stepped yang dimodelkan dikategorikan satu, dua dan tiga stepped. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan bantuan software Maxurf Modeller dan Rhinoceros 6 untuk pemodelan serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk melakukan proses analisis nilai tahanan kapal. Dengan didapatkannya hasil tahanan kapal dengan bantuan Autodesk CFD maka hasil dengan variasi satu stepped, dua stepped, dan tiga stepped di komparasikan hasilnya antara satu sama lain dimana pengurangan tahanan terbesar terjadi pada model kapal 3 stepped dengan persentase pengurangan sebesar 76.70% lebih kecil dibanding dengan model kapal dua dan tiga stepped pada froude number volume (FnV) 3.5.
Keywords : Semi Planing Hull, Stepped, Trim Kapal, Tahanan Kapal, Metode Numerik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semi - Planing Hull, Stepped, Ship Trim , ship Resistance , Numerical Method |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 06:32 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 06:32 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23305 |