Fajar, Muhammad (2022) INVESTIGASI SECARA EXPERIMEN PENGARUH DEADRISE ANGLE 10◦ DAN STEPPED HULL BERBENTUK 2U TERHADAP TAHANAN KAPAL CEPAT = EXPERIMENTAL INVESTIGATION OF THE EFFECT OF DEADRICE ANGLE 10◦ AND 2U SHAPE STEPPED HULL ON THE RESISTANCE OF FAST SHIP. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031171302_skripsi_27-09-2022 cover1.png
Download (72kB) | Preview
D031171302_skripsi_27-09-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
D031171302_skripsi_27-09-2022 dp.pdf
Download (1MB)
D031171302_skripsi_27-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Muhammad Fajar / D031171302. ” INVESTIGASI SECARA EXPERIMEN PENGARUH DEADRISE ANGLE 10◦ DAN STEPPED HULL BERBENTUK 2U TERHADAP TAHANAN KAPAL CEPAT ”.
(Dibimbing oleh Ir. Hj. Rosmani, M.T. dan Dr. Eng. Suandar Baso ST.MT.)
Kapal cepat saat ini banyak mengalami perubahan atau modifikasi guna mendapatkan desain kapal yang menjamin performa kapal saat berlayar dilautan, salah satunya pada modifikasi hull. Salah satu modifikasi hull adalah perubahan bentuk lambung dengan Deadrise Angle serta penambahan bentuk Stepped. Adapun prinsip dasar dari penggunaan Stepped mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Variasi deadrise angle yang digunakan adalah 10 derajat, Sedangkan desain bentuk Stepped yaitu Stepped 2U. Jumlah Stepped yang didesain dikategorikan menjadi 1, 2, dan 3 Stepped. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nilai tahanan model kapal Deadrise Angel dengan bentuk Stepped 2U pada setiap kondisi trim berdasarkan analisis sofware maxsurf. Penelitian ini dilaksanakan melalui eksperimen yang dilakukan dilaboratorium Hidrodinamika kapal untuk mendapatkan kecepatan dan derajat trim model kapal, yang selanjutnya akan menjadi data dalam penentuan nilai tahanan menggunakan software maxsurf. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bagaimana pengaruh kenaikan trim dan hubungannya dengan tahanan model kapal dengan menggunakan deadrise Angel 10 derajat Stepped 2U pada setiap kecepatan yang berbeda. Berdasarkan Analisa tahanan pada lambung deadrise angle 10 derajat Stepped 2U, diketahui bahwa tahanan total kapal cenderung meningkat seiring dengan penambahan jumlah Stepped serta peningkatan kondisi trim kapal. Pada model kapal 3 Stepped 2U memiliki nilai tahanan yang lebih kecil dibandingkan dengan model kapal 1 Stepped 2U dan 2 Stepped 2U. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penambahan Stepped pada model kapal dapat mengurangi tahanan kapal akibat dari pengurangan luas bidang basah kapal.
Kata Kunci : Planing Hull, Stepped, Deadrise Angle , Eksperimen, Tahanan, Software Maxsurf.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Planing Hull, Stepped, Deadrise Angle, Experiment, Prisoner, Maxsurf Software. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 05:00 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 05:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23292 |