PRESENTASE BIAYA BAHAN BAKAR TERHADAP TOTAL BIAYA OPERASIONAL KAPAL IKAN YANG BEROPERASI DIPELABUHAN BELOPA = PRESENTATION OF FUEL COST TO TOTAL COST OPERATION OF FISHING SHIP OPERATING IN PORTS BELOPA


Rahim, Fahmi (2022) PRESENTASE BIAYA BAHAN BAKAR TERHADAP TOTAL BIAYA OPERASIONAL KAPAL IKAN YANG BEROPERASI DIPELABUHAN BELOPA = PRESENTATION OF FUEL COST TO TOTAL COST OPERATION OF FISHING SHIP OPERATING IN PORTS BELOPA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31115020_skripsi_27-09-2022 cover1.png

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31115020_skripsi_27-09-2022 1-2.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31115020_skripsi_27-09-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31115020_skripsi_27-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

FAHMI RAHIM : D311 15 020. PRESENTASE BIAYA BAHAN BAKAR TERHADAP TOTAL BIAYA OPERASIONAL KAPAL IKAN YANG BEROPERASI DI PELABUHAN BELOPA (ibu Dr.Ir. Hj.MISLIAH IDRUS. Ms,Tr. selaku pembimbing I dan Ibu Dr.Andi Sitti Chairunnisa,ST.,MT selaku pembimbing II)
Kata Kunci : Biaya Operasional,Persentase Biaya BBM

Biaya BBM mrupakan salah satu biaya tidak tetap dalam pengoprasianalan sebuah kapal ikan, biaya ini cukup sukit untuk dihitung bagi kalangan pemilik/pengguna kapal ikan. Karena tidak memeliki standar yang tetap dalam perhitungannya.
Perhitungan biaya BBM ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase biaya BBM terhadap biaya operasional kapal ikan. Penggunaan biaya BBM harus dihitung secara cermat untuk menghindari kerugian dalam pengoprasionalan kapal sebuah kapal.
Untuk mengetahui persentase tersebut terlebih dahulu harus dihitung total biaya operasioanl kapal baik biaya tetap maupun biaya variabel lalu kemudian total biaya tersebut menjadi pembagi terhadap biaya BBM untuk mengetahui presentasenya.
Pada kenyataannya biaya operasional kapal ikan di TPI Belopa menunjukan, semakin tinggi ukuran GT Kapal (21-30GT), maka semakin tinggi juga biaya operasional yang harus dibutuhkan untuk satu kali trip akan tetapi presentase biaya BBM terhadap biaya operasioanl tidak demikian adanya.
Perbedaan frekuesndi trip kapaln dalam setahun sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM sbuah kapal. Sesuai hasil perhitungsn kapal 21 GT memiliki presentase sebesar 7,31%, untuk kapal 25 GT = 10,1%, untuk kapal 27 GT = 10,6% dan untuk kapal 30 GT = 10,3 %.

Keywords : Biaya Operasional,Persentase Biaya BBM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasional,Persentase Biaya BBM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:29
Last Modified: 15 Nov 2022 06:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23247

Actions (login required)

View Item
View Item