Syam, Riski Amalia (2020) Perbandingan Penerapan Fungsi Manajemen Puskesmas Pada Puskesmas Terakreditasi dengan Puskesmas yang Belum Terkareditasi di Kota Makassar Tahun 2020. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K11116031_skripsi COVER1.png
Download (65kB) | Preview
K11116031_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
K11116031_skripsi DP.pdf
Download (2MB)
K11116031_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Manajemen puskesmas adalah serangkaian proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan kontrol untuk mencapai sasaran / tujuan secara efektif dan efisien. Terselenggaranya upaya kesehatan yang bermutu dan sesuai standar bagi puskesmas dapat terlaksana secara terus menerus dan berkesinambungan sesuai dengan siklus manajemen puskesmas. Bentuk pencapaian manajemen puskesmas dapat dilihat pada status akreditasi yang dimiliki oleh puskesmas sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Ensha pada tahun 2018 bahwa semakin baik implementasi kebijakan akreditasi puskesmas yang dilakukan oleh para aparatur, maka akan semakin baik pula suatu manajemen pelayanan kesehatan masyarakat yang dilaksanakan oleh para tenaga kesehatan. Tetapi masih didapatkan kondisi dimana penerapan manajamen puskesmas belum maksimal dikarenakan keadaan wilayah kerja puskesmas yang berbeda sehingga sulit menyesuaikan dengan pedoman manajemen puskesmas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen dengan tujuan mengetahui penerapan manajemen puskesmas pada puskesmas yang berbeda status akreditasinya. Informan dalam penelitian ini adalah kepala puskesmas, kepala bagian tata usaha, koordintor penanggung jawab UKM, dan koordinator penanggung jawab UKP, masing-masing setiap puskesmas. Data sekunder diperoleh dari telaah dokumen dokumen PMK Nomor 44 Tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas dan data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dan observasi langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan manajemen puskesmas pada puskesmas yang telah akreditasi dengan puskesmas yang belum akreditasi, khususnya tahap perencanaan (P1) serta tahap penggerakkan dan pelaksanaan (P2). Sedangkan tahap pengawasan, pengendalian, dan penilaian kinerja (P3) tidak terdapat perbedaan dalam penerapan manajemen puskesmas pada puskesmas yang berbeda status akreditasinya.
Manajemen puskesmas adalah salah satu penilaian pencapaian dalam akreditasi puskesmas. Oleh karena itu diharapkan kepada kepala puskesmas sebagai objek yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan manajemen puskesmas rutin memberikan pemahaman terkait penerapan manajemen puskesmas dalam pelaksanaan tupoksi puskesmas. Sehingga pelaksanaan manajemen puskesmas tetap berjalan sesuai dengan pedoman manajemen puskesmas.
Keywords: Manajemen, Puskesmas, Manajemen Puskesmas, Akreditasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 07:16 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2120 |