Naziha, Sakinah (2020) TASAWWURU TALAMIZ AL-MADRASAH AL-A’LIYAH AL-HUKUMIYYAH AL-SALISAH MAKASSAR FII DAWAMI AL-MUHADASAH AL-USBUI’YAH LITARQIYATI MAHARAH MUHADASAH FII AL-BARNAMIJ AL-DINI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F41116305_skripsi COVER1.png
Download (121kB) | Preview
F41116305_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
F41116305_skripsi DP.pdf
Download (470kB)
F41116305_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Sakinah Naziha, Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Muhadatsah Usbuiyyah untuk Meningkatkan Keterampilan Muhadatsah di MANPK MAN 3 Makassar. (di bawah bimbingan Zuhriah, S.S., M.Hum. dan Muhammad Ridwan S.S., M.A.) Judul skripsi ini adalah Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Muhadatsah Usbuiyyah untuk Meningkatkan Keterampilan Muhadatsah di MANPK MAN 3 Makassar. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana penerapan kegiatan muhadatsah usbuiyyah dan bagaimana persepsi siswa terhadap kegiatan tersebut terkait peningkatan kemahiran berbicara bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data berupa angka yang kemudian dianalisis dan dijelaskan hasil penelitiannya oleh peneliti. Adapun metode-metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan muhadatsah usbuiyyah adalah kegiatan rutin setiap minggu yang dilaksanakan di asrama siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh divisi bahasa dan diawasi oleh guru bahasa. Kegiatan muhadatsah usbuiyyah mampu membuat siswa menjadi senang dan aktif dalam berbicara bahasa Arab sehingga kemampuan berbicara siswa meningkat. Melalui kegiatan ini, pengetahuan siswa akan bahasa Arab khususnya berbicara bertambah sehingga dapat membantu proses belajar bahasa Arab di kelas. Kegitan muhadatsah usbuiyyah juga membuat waktu belajar berbicara siswa lebih berarti dan menyenangkan. Dari penelitian ini pula dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa merasa kegiatan ini cocok diterapkan di dalam kelas guna meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Keywords : Persepsi, Muhadatsah Usbuiyyah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 06:05 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1992 |