PENGARUH KETAHANAN ORGANISASI TERHADAP PERKEMBANGAN ORGANISASI PADA RUMAH SAKIT DI KOTA BALIKPAPAN = THE EFFECT OF ORGANIZATIONAL RESILIENCE RESPONSE ON ORGANIZATIONAL GROWTH HOSPITAL IN BALIKPAPAN CITY


Rassi, Elisabeth (2022) PENGARUH KETAHANAN ORGANISASI TERHADAP PERKEMBANGAN ORGANISASI PADA RUMAH SAKIT DI KOTA BALIKPAPAN = THE EFFECT OF ORGANIZATIONAL RESILIENCE RESPONSE ON ORGANIZATIONAL GROWTH HOSPITAL IN BALIKPAPAN CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K022191003_tesis_29-08-2022 cover1.png

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K022191003_tesis_29-08-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K022191003_tesis_29-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K022191003_tesis_29-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Elisabeth Rassi. Pengaruh Resilience Organizational Terhadap Organizational Growth Pada Rumah Sakit Di Kota Balikpapan (dibimbing oleh Fridawaty Rivai dan Syahrir A Pasinringi).

Ketahanan organisasi adalah kemampuan suatu organisasi untuk mempertahankan fungsi dan pulih dengan cepat kesulitan dengan memobilisasi dan mengakses sumber daya yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Resilience Organizational terhadap Organizational Growth pada beberapa Rumah Sakit di Kota Balikpapan. Jenis penelitian ini kuantitatif dan dianalisa dengan analisa statistik. Penelitian dilaksanakan di Kota Balikpapan pada RS Pertamina, RSUD Beriman, RS Khusus Bersalin Sayang Ibu dan RSIA ASIH dengan jumlah sampel sebanyak 103 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada RSUD Beriman Balikpapan ada pengaruh ketahanan sumber daya dan ketahanan kapabilitas/kemampuan terhadap respon ketahanan dan ada pengaruh ketahanan organisasi terhadap perkembangan organisasi. Pada RS Khusus Sayang Ibu terdapat pengaruh ketahanan sumber daya dan ketahanan kapabilitas/kemampuanterhadap respon ketahanan dan ada pengaruh ketahanan organisasi pada perkembangan organisasi. Hasil pada RS Pertamina Balikpapan menunjukkan ada pengaruh ketahanan perilaku dan ketahanan kapabilitas/kemampuan (korelasi = 0,368) terhadap respon ketahanan dan ada pengaruh ketahanan organisasi terhadap perkembangan organisasi. Pada RSIA ASIH menunjukkan hanya ada pengaruh ketahanan perilaku terhadap respon ketahanan dan tidak ada pengaruh ketahanan organisasi terhadap perkembangan organisasi. Hasil ini menunjukkan bahwa ketahanan masing-masing rumah sakit dalam memberikan pelayanan prima berbeda-berbeda dalam masa pandemi. Oleh karena itu, rumah sakit perlu memiliki kemampuan untuk mengenali potensi diskontinuitas dengan melakukan update pengetahuan dan keterampilan terkait perubahan serta melakukan riset kebutuhan konsumen untuk inovasi layanan.

Kata Kunci : Ketahanan Organisasi, Perkembangan Organisasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Organizational Resilience, Organizational Growth, Organizational Resilience, Organizational Development, 28/01/2022 Resource Resilience
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:19
Last Modified: 26 Sep 2022 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18817

Actions (login required)

View Item
View Item