Ekawati, Diana (2022) Analisis Keputusan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Konsumsi Ikan Kaleng di Kota Makassar = Decision Analysis and Customer Satisfaction With Consumption Canned Fish in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
L041181316_skripsi_01-09-2022 cover1.png
Download (142kB) | Preview
L041181316_skripsi_01-09-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
L041181316_skripsi_01-09-2022 dp.pdf
Download (1MB)
L041181316_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli ikan kaleng di Kota Makassar dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang ada saat membeli produk ikan kaleng di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan April 2022 di Kota Makassar. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan pertimbangan bahwa Kota Makassar. Penentuan responden menggunakan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder kemudian penelitian ini menggunakan tiga alat analisis yaitu Analisis Keputusan Konsumen menggunakan Analisis Linear Berganda dan Pengujian Hipotesis, sedangkan Analisis Kepuasan Konsumen menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil penelitian menggunakan rumus regresi linear berganda dapat dilihat bahwa keenam faktor yaitu harga, brand, kualitas produk, pendapatan, jenis pekerjaan dan selera konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen namun secara parsial hanya faktor selera konsumen yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian ikan kaleng di Kota Makassar. Kepuasan konsumen dalam membeli ikan kaleng yang ditinjau dari tingkat kinerja dan tingkat kepentingannya didapatkan bahwa ketiga swayalan yang menyediakan ikan kaleng berada di kuadran II karena memiliki atribut terbanyak sehingga untuk meningkatkan kepuasan konsumen, atribut ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan kinerjanya. Berdasarkan hasil perhitungan Indeks Kepuasan Konsumen atau Customer Satisfaction Index (CSI), diketahui nilai CSI sebesar 82,5% yang mempunyai arti bahwa secara keseluruhan konsumen merasa “sangat puas” terhadap atribut pembelian ikan kaleng.
Keywords : Ikan Kaleng, Keputusan, Kepuasaan, Kota Makassar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Canned Fish, Decision, Satisfaction, Makassar City |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 06:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 06:54 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18737 |