METODE PEMBELAJARAN KLINIK UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI MAHASISWA KEPERAWATAN : A SCOPING REVIEW = CLINICAL LEARNING METHODS TO ACHIEVE NURSING STUDENTS' COMPETENCE : A SCOPING REVIEW


Suryadi, Suryadi (2022) METODE PEMBELAJARAN KLINIK UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI MAHASISWA KEPERAWATAN : A SCOPING REVIEW = CLINICAL LEARNING METHODS TO ACHIEVE NURSING STUDENTS' COMPETENCE : A SCOPING REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012182007_tesis_29-08-2022 cover1.png

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012182007_tesis_29-08-2022 1-2.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012182007_tesis_29-08-2022 dp.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012182007_tesis_29-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latarbelakang: Pembelajaran klinik keperawatan merupakan salah satu proses pendidikan keperawatan professional yang mengandung proses pendidikan akademik dan proses pendidikan professional. Pembelajaran klinik keperawatan bertujuan untuk memantapkan peran dan fungsi mahasiswa keperawatan sebagai perawat pendidik, pelaksana, pengelola, dan peneliti di bidang keperawatan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang dapat mengimbangi kemajuan dan ilmu pengetahuan terutama di bidang kedokteran. Metode: Pencarian artikel dilakukan dengan menelusuri hasil-hasil publikasi ilmiah pada rentang waktu antara tahun 2017-2022 dengan menggunakan 6 database yaitu PuBMED, Wiley, Scopus, ClinicalKey,Cochrane, Garuda. sebanyak 1186 artikel teridentifikasi setelah melewati proses screening, eligibility dan sisa inclusion n:16. Hasil: metode pembelajaran klinik simulation-based learning, peer-learning, web-based learning, virtual learning. Learning outcome yang dihasilkan meliputi pengetahuan, sikap, keterampilan. Kesimpulan: Scoping review ini mengidentifikasi enam belas artikel yang mengidentifikasi metode pembelajaran klinik untuk mencapai kompetensi mahasiswa keperawatan, termasuk didalamnya mengidentifikasi bentuk pembelajaran klinik dan learning outcome pembelajaran klinik

Keywords : keperawatan, pembelajaran klinik, learning outcome

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: keperawatan, pembelajaran klinik, learning outcome
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:34
Last Modified: 22 Sep 2022 02:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18658

Actions (login required)

View Item
View Item