EVALUASI PELAYANAN ANTENATAL TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DENGAN MENGGUNAKAN BUKU KIA VERSI 2020 = Evaluation Of Antenatal Services On The Level Of Satisfaction Of Pregnant Women Using The 2020 Version of The Maternal and Child Health Book


Tandungan, Santhy (2022) EVALUASI PELAYANAN ANTENATAL TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DENGAN MENGGUNAKAN BUKU KIA VERSI 2020 = Evaluation Of Antenatal Services On The Level Of Satisfaction Of Pregnant Women Using The 2020 Version of The Maternal and Child Health Book. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102201019_tesis_18-08-2022 cover1.png

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102201019_tesis_18-08-2022 1-2.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102201019_tesis_18-08-2022 dp.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102201019_tesis_18-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SANTHY TANDUNGAN. Evaluasi Pelayanan Antenatal Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Dengan Menggunakan Buku Kesehatan Ibu dan Anak Versi 2020 (dibimbing oleh Mardiana Ahmad dan Werna Nontji).
Buku Kesehatan Ibu dan Anak penting untuk memastikan pelayanan yang diberikan oleh bidan dapat menurunkan kematian ibu secara signifikan sehingga memenuhi target nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelayanan antenatal terhadap tingkat kepuasan ibu hamil.
Metode penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Kesu' Toraja Utara pada Februari - Mei 2022. Populasi seluruh ibu hamil yang ada di wilayah Kecamatan Kesu yang memeriksakan kehamilannya di sarana kesehatan, jumlah sampel diperoleh dengan tehnik total sampling berjumlah 81 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan 10 komponen antenatal berkualitas terhadap tingkat kepuasan ibu hamil berdasarkan realibility, assurance, tangibles, empathy dan responsiveness dengan menggunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengatakan pelayanan antenatal berdasarkan realibility: baik dan puas 79,2% nilai p=0,003, assurance : baik dan puas 83,6% nilai p=0,000 ,tangibles : baik dan puas 79,5% nilai p=0,020, empathy : baik dan puas 87,1% nilai p=0,000, responsiveness : baik dan puas 78,2% nilai p=0,013. Hasil uji statistik Chi-square dengan koreksi fisher exact test. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan buku KIA versi 2020 dapat meningkatkan kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan kebidanan.

Kata kunci: pelayanan antenatal, tingkat kepuasan, kehamilan, buku KIA versi 2020

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Antenatal Care, Satisfaction level, Pregnancy, MCH book Version 2020
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:23
Last Modified: 24 Aug 2022 06:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18429

Actions (login required)

View Item
View Item