Analisis Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Pada Kinerja Bidan di Puskesmas Asologaima Distrik Asologaima Kabupten Jayawijaya Papua = Analysis of Intrinsic and Extrinsic Motivation on the Performance of Midwives at Asologaima Health Center Asologaima Distric, Jayawijaya Regency Papua


Resubun, Restituta Maria Salome (2022) Analisis Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Pada Kinerja Bidan di Puskesmas Asologaima Distrik Asologaima Kabupten Jayawijaya Papua = Analysis of Intrinsic and Extrinsic Motivation on the Performance of Midwives at Asologaima Health Center Asologaima Distric, Jayawijaya Regency Papua. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
K012191095_tesis_10-08-2022 cover1.png

Download (131kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012191095_tesis_10-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012191095_tesis_10-08-2022 dp.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012191095_tesis_10-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Motivasi merupakan prasyarat untuk kinerja organisasi yang lebih baik. Motivasi dapat digambarkan sebagai proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan individu dalam upaya mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi intrinsik pada kinerja Bidan Pada program KIA di Puskesmas Asologaima Kabupaten Jayawijaya. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Asologaima, Kabupaten Jayawijaya Papua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan mewawancarai 10 (sepuluh) tenaga bidan sebagai responden/informan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Metode snowball sampling, dimana sampel diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden yang lain. Analisi data penelitian ini menggunakn analisis isi, yaitu menguraikan jawaban berdasarkan fakta-fakta yang ada.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengakuan dalam hal hasil kerja yang diberikan kepada puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang datang sebagai bidan pelaksana yang langsung berkomunikasi dengan pasien yang datang berkunjung, Bidan mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai profesi bidan, namun pelaksanaannya kurang optimal, Bidan bekerja sesuai dengan SOP dan memiliki tingkat prestasi yang baik dan setiap waktu, pemberian insentif yang disesuaikan dengan pekerjaan sehingga meningkatkan motivasi pegawai dalam bekerja, hubungan yang harmonis antara sesama petugas Kesehatan, lingkungan kerja baik dan cukup mendukung upaya Kesehatan. Disarankan untuk petugas kesehatan agar lebih teliti lagi dalam melakukan pekerjaannya sesuai dengan prosedur kerja yang telah ditetapkan dan lebih mengutamakan tugas pekerjaan.

Keywords : Motivasi, Kinerja, Bidan, Puskesmas

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Motivation, Performance, Midwife, Public Health Center
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:31
Last Modified: 23 Aug 2022 01:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18250

Actions (login required)

View Item
View Item