STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. INDOSAT OOREDOO SUMAPA, TBK MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN


Ruliawan, Theresia Gabriella (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. INDOSAT OOREDOO SUMAPA, TBK MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31116505_skripsi COVER1.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31116505_skripsi 1-2.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31116505_skripsi DP.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E31116505_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

THERESIA GABRIELLA RULIAWAN. Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Indosat Ooredoo Sumapa Tbk, Makassar Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Dibimbing oleh Mursalim dan Sitti Murniati Muhtar.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran PT.Indosat Ooredoo Sumapa,Tbk Makassar dalam meningkatkan jumlah pelanggan; (2) Untuk menguraikan dan menjabarkan penerapan strategi komunikasi pemasaran PT.Indosat Ooredoo Sumapa,Tbk Makassar dalam menghadapi persaingan di era kecanggihan telekomunikasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni dengan menyajikan data dalam bentuk deskripsi berupa naratif, kata-kata, ungkapan, pendapat, dan gagasan yang dikumpulkan peneliti dari berbagai sumber. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Indosat Ooredoo Sumapa Tbk, Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan yang ditetapkan oleh PT. Indosat Ooredoo Sumapa Tbk, Makassar meliput: 1) strategi segmentasi pasar 2) desain produk 3) positioning 4) branding 5) advertising 6) customer service 7) direct selling 8) experience customer. Penelitian ini menemukan bahwa dalam meningkatkan jumlah pelanggan, dibutuhkan ciri khas tersendiri demi meningkatkan dan mempertahakan nama sebuah perusahaan dalam pangsa pasar. Selain itu, peneliti menemukan bahwa penjualan langsung dan pengalaman pelanggan merupakan hal yang berpengaruh dalam meningkatkan jumlah pelanggan secara langsung dengan terus berinovasi melalui tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk maupun program yang ditawarkan. Peneliti menemukan bahwa adanya faktor penghambat berjalannya suatu produk atau program dalam perusahaan ini ialah budgeting dan timing, dimana sebagai kantor regional harus menunggu pengesahan dari kantor pusat, sehingga memperlambat kinerja regional. Kemudian, kurangnya strategi komunikasi pemasaran dari staf marcomm dalam mendekati komunitas segala usia karena hanya berfokus pada konsep anak muda sebagai kaum millenial, membuat lamnbatnya peningkatkan pelanggan ditengah persaingan perusahaan telko yang semakin pesat.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, PT. Indosat Ooredoo Sumapa Tbk Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2021 06:48
Last Modified: 06 Nov 2024 04:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item
View Item