Has, Muallimah (2022) Hubungan antara Fungsi Kognitif dan Tingkat Ansietas terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMA Islam Terpadu Pondok Pesantren Putri Darul Istiqamah = Correlations Between Cognitive Function And Anxiety Rate Of Achievement In Learning On Students Islamic Senior High School At Darul Istiqamah Girls' Boarding School. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
R021181504_skripsi_05-08-2022 cover1.png
Download (134kB) | Preview
R021181504_skripsi_05-08-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
R021181504_skripsi_05-08-2022 dp.pdf
Download (2MB)
R021181504_skripsi_05-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Pada usia remaja sering mengalami ansietas. Rerata remaja lebih banyak melakukan aktivitas sehari – hari di sekolah. Kondisi mental serta ansietas yang dialami dapat mempengaruhi kinerja kognitif. Ketidakstabilan kinerja fungsi kognitif dapat mempengaruhi dari minat belajar yang nantinya mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi kognitif dan tingkat ansietas terhadap prestasi belajar pada siswa SMA Islam Terpadu Pondok Pesantren Putri Darul Istiqamah Maros. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan metode purposive sampling. Subjek penelitian yaitu siswa SMA Islam Terpadu Pondok Pesantren Putri Darul Istiqamah Maros yang berusia 15 – 18 tahun. Responden dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner Grid Concentration Test dan Generalized Anxiety Disorder-7 (GAD-7) serta data nilai rapor siswa. Hasil penelitian setelah dilakukan uji normalitas Kolmogrov Smirnov diperoleh sebaran data tidak normal (p<0.05) dan normal (p>0.05). Kemudian dilakukan uji korelasi menggunakan Spearman Rho pada data yang tidak normal menunjukkan nilai signifikansi kedua variabel (p>0.05) yang berarti tidak memiliki hubungan searah. Untuk data yang normal dilakukan uji korelasi menggunakan Pearson menunjukkan nilai signifikansi kedua variabel (p>0.05) yang berarti kedua variabel tidak memiliki hubungan searah.
Keywords : fungsi kognitif, tingkat ansietas, prestasi belajar, remaja, siswa putri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cognitive function, anxiety level, learning achievement, adolescent, female students |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Keperawatan > Fisioterapi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:50 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:50 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18132 |