Amin, Aulia Karimah (2022) Pemanfaatan Database Pelanggan Sebagai Sarana Promosi Produk Perikanan Pempek di Kota Makassar = Utilization of customer databases as a means of promoting pempek fishery products in Makassar city. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
L041171301_skripsi_06-07-2022 cover1.png
Download (139kB) | Preview
L041171301_skripsi_06-07-2022 1-2.pdf
Download (866kB)
L041171301_skripsi_06-07-2022 dp.pdf
Download (1MB)
L041171301_skripsi_06-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan database pelanggan oleh UMKM pempek sebagai sarana promosi, apa saja faktor yang mempengaruhi UMKM pempek dalam memanfaatkan database pelanggan dan apakah ada korelasi pemanfaatan database pelanggan terhadap pendapatan UMKM pempek. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2021 di Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan pertimbangan bahwa pelaku UMKM pempek bersedia diwawancara, memiliki lama usaha minimal 1 tahun serta masih melakukan promosi sampai saat ini dan diperoleh sebanyak 15 UMKM pempek. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara mendalam. Seberapa besar pemanfaatan menggunakan analisis deskriptif dengan perhitungannya menggunakan persentase, faktor yang mempengaruhi menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan 7P marketing mix dan korelasi pemanfaatan terhadap pendapatan menggunakan analisis Koefisien Korelasi Jaspen’s (M). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 dari 15 pelaku UMKM pempek di Kota Makassar yang telah memiliki database pelanggan, 7 dari 11 (63.63%) UMKM pempek memanfaatkan database pelanggan tersebut untuk kegiatan promosi dan sisanya 4 dari 11 (36.36%) UMKM pempek tidak memanfaatkan database pelanggan yang dimiliki. Faktor mempengaruhi pemanfaatan database pelanggan sebagai sarana promosi yaitu, 1. People (motivasi dan pengetahuan); 2. Physical evidence (fasilitas teknologi); 3. Price (biaya teknologi); 4. Place (penandaan lokasi); 5. Processes (waktu dan kenyamanan); 6. Product (kualitas); 7. Promotion (kebiasaan). Adanya korelasi yang sangat kuat dan signifikan antara pemanfaatan database pelanggan sebagai sarana promosi terhadap pendapatan UMKM pempek di Kota Makassar.
Keywords : data pelanggan, promosi, UMKM, pemanfaatan, faktor mempengaruhi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 02:36 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 02:36 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18045 |