Analisis Teknis dan Ekonomis Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Menggunakan Panel Monokristalin dan Polikristalin pada Gedung CSA Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin


Sumpala, Andi Tenri (2020) Analisis Teknis dan Ekonomis Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Menggunakan Panel Monokristalin dan Polikristalin pada Gedung CSA Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D41116024_skripsi cover1.png

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D41116024_skripsi 1-2.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D41116024_skripsi dapus.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D41116024_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia berada pada garis katulistiwa sehingga mendapatkan sinar matahari yang melimpah. Tetapi pemanfaatan dari segi sumber daya energi listrik atau teknologi sel surya masih belum berkembang dengan baik. Fakutas Teknik Universitas Hasanuddin Gowa memiliki konstruksi Gedung yang permukaan atapnya datar dan kosong, sehingga berpotensi sebagai tempat pemasangan PLTS. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin juga memiliki potensi energi sinar matahari yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan analisis teknis dan ekonomis perencanaan pembangkit listrik tenaga surya menggunakan panel surya monokristalin dan polikristalin pada Gedung CSA Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Analisis teknis dilakukan dengan menghitung daya yang dibangkitkan PLTS serta jumlah dari suatu komponen listrik yang dibutuhkan, kemudian mendesain rancangan menggunakan perangkat lunak Autocad. Analisis ekonomi menggunakan metode perhitungan Life Cycle Cost, Cost Of Energy, Payback Periode, Net Present Value, Benefit Cost Ratio, dan Internal Rate of Return. Berdasarkaan hasil penelitian ini, besar daya yang dibangkitkan oleh PLTS baik menggunakan panel monokristalin maupun polikristalin yaitu 96.645 kWh/tahun. Jumlah panel yang dibutuhkan sebanyak 290, charge controller 9 buah, inverter 18 buah, dan baterai 108 buah. Secara analisis ekonomis rancangan PLTS tidak layak untuk dilakukan dikarenakan jika dibandingkan dengan biaya listrik yang dibeli dari sumber konvensional, biaya investasi PLTS masih cukup tinggi (berdasarkan kriteria kelayakan yaitu Net Present Value dan Internal Rate Return yang bernilai negatif dan hanya Benefit Cost Ratio yang nilainya lebih besar dari 0).
Kata Kunci: Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Panel Surya, Monokristalin, Polikristalin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2021 05:14
Last Modified: 04 Jan 2021 05:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item
View Item