Saleh, Dzikri Fajriah (2020) ANALISIS BESARAN EMISI KENDARAAN RINGAN DI RUAS JALAN NASIONAL KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D12115017_skripsi cover1.png
Download (100kB) | Preview
D12115017_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
D12115017_skripsi dapus.pdf
Download (4MB)
D12115017_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Transportasi memberikan dampak positif dalam menentukan perkembangan suatu wilayah dalam mendistribusikan barang dan jasa, namun juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kualitas udara di perkotaan. Kondisi ini dapat terjadi di setiap wilayah Indonesia yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi termasuk di Kota Makassar sebagai kota keempat terbesar di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menentukan karakteristik kendaraan ringan berdasarkan program International Vehicle Emission (IVE) Model, karakteristik Vehicle Specific Power (VSP) berdasarkan program International Vehicle Emission (IVE) Model dan besaran emisi kendaraan ringan berbasis program International Vehicle Emission (IVE) Model. Penelitian ini menggunakan data primer berupa karakteristik kendaraan yang diperoleh dari pembagian kuisioner pada 13 SPBU di sekitar jalan Nasional Kota Makassar dan tracking menggunakan metode car floating data yang diolah menggunakan aplikasi Mapsource, Ms, Excel dan International Vehicle Emission (IVE) Model untuk menghasilkan besaran Emisi. Hasil yang didapatkan ialah berdasarkan program International Vehicle Emission (IVE) Model, karakteristik jenis kendaraan ringan dapat digolongkan menjadi jenis mesin, bahan bakar, jenis exhaust, odometer, dan umur kendaraan. Adapun karakteristik vehicle specific power yang didapatkan dari distribusi bin yang terjadi pada ketiga jenis kendaraan uji adalah bin 11, bin 12, bin 13, bin 14, bin 15, bin 16, bin 17, bin 18, dan bin 19. Hal ini menyatakan bahwa rata-rata besaran VSP yang terjadi pada setiap kendaraan memiliki range yaitu - 2,9 kW/ton hingga 1000 kW/ton. Untuk besaran emisi kendaraan yang dilampirkan adalah emisi CO (karbonmonoksida) dan emisi NOx(nitrogen oksida) Besaran emisi kendaraan berbeda pada tiap segmen uji, dimana fleet kendaraan dikelompokkan berdasarkan panjang perjalanan kendaraan, dan selanjutnya dikalkulasi secara total untuk mendapatkan estimasi besaran emisi kendaraan selama satu jam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 04:12 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:37 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1772 |