PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PENGELOLA ASET TETAP PEMERINTAH DAERAH = The Effect of Competence and Work Motivation Through Organizational Commitment on Employees’ Performance of Fixed Asset Manager of Local Government


Allo, Yuliana Selma Kiding (2022) PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA MELALUI KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PENGELOLA ASET TETAP PEMERINTAH DAERAH = The Effect of Competence and Work Motivation Through Organizational Commitment on Employees’ Performance of Fixed Asset Manager of Local Government. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A042202012_tesis_13-07-2022 cover1.png

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A042202012_tesis_13-07-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A042202012_tesis_13-07-2022 dp.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A042202012_tesis_13-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Yuliana Selma Kiding Allo. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Melalui Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pengelola Aset Tetap Pemerintah Daerah (dibimbing oleh Mediaty dan Wahda).
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjelaskan Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Toraja Utara, Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Toraja Utara, Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Toraja Utara, Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Toraja Utara yang dimediasi oleh komitmen organisasi, dan Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Toraja Utara yang dimediasi oleh komitmen organisasi. Sampel sebanyak 72 responden. Responden tersebut merupakan keseluruhan pegawai yang bekerja di BKAD Pemerintah Kabupaten Toraja Utara baik PNS maupun honorer. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dengan wawancara terhadap responden dan penelitian kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif memakai program SPSS for Windows dan Amos 23.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Semakin baik kompetensi seorang pegawai pada BKAD Kabupaten Toraja Utara maka akan semakin menunjang peningkatkan kinerja, 2) Semakin tinggi tingkat motivasi kinerja pegawai pada BKAD Kabupaten Toraja Utara dalam bekerja maka akan semakin besar pula dorongan diri untuk berkinerja lebih baik. 3) Pegawai pada BKAD Kabupaten Toraja Utara yang memiliki komitmen organisasi yang baik maka akan semakin meningkatkan kinerja pegawai. 4) Komitmen organisasi dapat memediasi pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai BKAD Kabupaten Toraja Utara. 5) Komitmen organisasi dapat memediasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai BKAD Kabupaten Toraja Utara. Disarankan untuk pegawai BKAD Kabupaten Toraja Utara untuk meningkatkan kinerjanya sangat penting memiliki kompetensi, motivasi yang konsisten dan memiliki komitmen organisasi yang tinggi agar ebih meningkatkan kinerja di kantor, dan bagi peneliti selanjutnya dalam meneliti hal yang sama dengan objek yang sama perlu mengembangkan beberapa indikator yang berhubungan dengan penelitiannya dan lebih baik lagi ketika objek penelitian dikembangkan dengan skala nasional, selain itu penelitian ini masih jauh dari sempurna dan kesalahan yang tidak disengaja serta masih kurang akan referensi.
Keywords : Kompetensi, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:19
Last Modified: 27 Jul 2022 02:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17670

Actions (login required)

View Item
View Item