Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Bongkar Muat Peti Kemas Makassar New Port Dengan Metode Job Safety Analysis (JSA)


Suleman, Yuliani (2020) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Bongkar Muat Peti Kemas Makassar New Port Dengan Metode Job Safety Analysis (JSA). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116007_skripsi cover.png

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D32116007_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D32116007_skripsi dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116007_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kegiatan di pelabuhan peti kemas bukanlah tanpa risiko seperti pengoperasian alat bantu angkat dan angkut berupa Rubber Tyred Gantry Crane (RTG) ataupun Container Crane (CC) untuk kegiatan bongkar muat, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya potensi risiko dan bahaya kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Salah satu cara pengendalian potensi risiko dan bahaya yaitu dengan cara menganalisis terlebih dahulu kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan kerja dengan menggunakan Job Safety Analysis (JSA) guna meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja pada proses bongkar muat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi bahaya dan risiko yang timbul di setiap langkah kerja bongkar muat peti kemas dengan menggunakan analisa JSA dan menetapkan tindakan atau prosedur untuk pengendalian potensi bahaya dan risiko yang akan timbul dalam setiap langkah kerja. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk dijadikan dasar dan informasi berupa bahaya dan risiko kecelakaan kerja serta menerapkan Job Safety Analysis (JSA) sebagai penilaian risiko kecelakaan kerja pada proses bongkar muat peti kemas dan menjadi referensi dalam pengendalian risiko kecelakaan kerja terutama pada proses stevedoring dan haulage/tracking.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif karena pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data dengan cara observasi dan interview secara langsung ke lapangan, guna mendapatkan penjelasan serta gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai risiko kecelakaan kerja pada proses bongkar muat peti kemas dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) berupa pemilihan pekerjaan dalam hal ini pekerjaan pada proses stevedoring dan proses haulage/trucking, pembagian pekerjaan yang terdiri dari 5 langkah kerja, mengidentifikasi bahaya yang muncul di 5 langkah kerja, kemudian menetapkan tindakan atau prosedur pengendalian potensi bahaya. Teknik penarikan sampel berupa pengisian kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 16 responden, yang mengacu pada risk management guidelines AS/NZS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bahaya paling dominan yang teridentifikasi pada setiap proses bongkar muat peti kemas adalah bahaya mekanik, berdasarkan dari jawaban responden sebanyak 44%, pada proses stevedoring dilangkah kerja 1 dengan tingkat risiko dapat diterima dengan control atau masuk ke kategori low priority/low risk dan pada proses haulage/trucking dilangkah kerja ke 5 dengan tingkat risiko tidak dapat diterima atau masuk ke kategori main priority/action is needed as soon as possible.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:45
Last Modified: 06 Nov 2024 04:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item
View Item