GAMBARAN KEPATUHAN SIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SELAMA PERKULIAHAN TATAP MUKA TERBATAS = OVERVIEW OF COMPLIANCE ACADEMIC CIVILITY FACULTY OF NURSING AT HASANUDDIN UNIVERSITY IN IMPLEMENTING THE COVID-19 HEALTH PROTOCOL DURING LIMITED FACE-TO-FACE LEARNING


Wahyudi. B, Adi Indra (2022) GAMBARAN KEPATUHAN SIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SELAMA PERKULIAHAN TATAP MUKA TERBATAS = OVERVIEW OF COMPLIANCE ACADEMIC CIVILITY FACULTY OF NURSING AT HASANUDDIN UNIVERSITY IN IMPLEMENTING THE COVID-19 HEALTH PROTOCOL DURING LIMITED FACE-TO-FACE LEARNING. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181321_skripsi_23-05-2022 cover1.png

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011181321_skripsi_23-05-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011181321_skripsi_23-05-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011181321_skripsi_23-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Covid-19 merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada penduduk di Indonesia maupun seluruh negara di dunia. Kepatuhan masyarakat masih menjadi fenomena yang harus terus ditingkatkan serta penerapan protokol kesehatan untuk memperbaiki perilaku dalam memutus mata rantai penularan dari virus Covid-19. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peraturan mengenai protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan Covid-19 ini, serta peraturan untuk pembelajaran tatap muka terbatas. Dimana Sivitas akademika adalah kelompok sangat rentan terhadap penularan penyakit Covid-19, beberapa kasus ketidakpatuhan dan penerapan protokol kesehatan oleh sivitas akademika, sehingga menyebabkan peningkatan kasus Covid-19.
Tujuan : Mengetahui gambaran tingkat kepatuhan sivitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama perkuliahan tatap muka terbatas.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei deskriptif deskriptif dengan pendekatan Community surveys atau biasa juga disebut social surveys. Untuk jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 250 sampel. Pengambilan sampel dengan jenis probability sampling dengan teknik Cluster random sampling. Jenis instrumen yang digunakan ada 2 yaitu kuesioner karakteristik responden, kuesioner Kepatuhan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan ditemukan secara keseluruhan masih dalam kategori patuh dimana terdapat 132 responden (52,8 %). Sedangkan penerapan ditemukan masih kurang maksimal dimana dari 3 minggu penelitian setiap minggu nya masih di temukan sivitas akademika yang kurang patuh patuh akan penerapan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.
Kesimpulan dan Saran : Tingkat kepatuhan sivitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama perkuliahan tatap muka terbatas. Dimana tingkat kepatuhan ditemukan secara keseluruhan masih dalam kategori patuh namun Penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 pada sivitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama perkuliahan tatap muka terbatas tidak maksimal dalam penerapannya. Diharapkan pihak institusi dapat menjadikan bahan evaluasi bagi pelaksanaan pencegahan transmisi Covid-19.
Kata Kunci : Tingkat Kepatuhan, Penerapan, Protokol Kesehatan, Covid-19, Keperawatan, Sivitas Akademika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:03
Last Modified: 14 Jun 2022 03:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16582

Actions (login required)

View Item
View Item