FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN AKSESIBILITAS PASIEN BPJS KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS SUDIANG RAYA KOTA MAKASSAR = FACTORS RELATED TO THE ACCESSIBILITY OF BPJS HEALTH PATIENTS DURING COVID-19 PANDEMIC AT SUDIANG RAYA PUSKESMAS, MAKASSAR CITY


Lukmayani, Zul Fatiha (2021) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN AKSESIBILITAS PASIEN BPJS KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS SUDIANG RAYA KOTA MAKASSAR = FACTORS RELATED TO THE ACCESSIBILITY OF BPJS HEALTH PATIENTS DURING COVID-19 PANDEMIC AT SUDIANG RAYA PUSKESMAS, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171502_skripsi cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171502_skripsi bab 1-2.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171502_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171502_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Sebagai negara yang mempunyai jumlah penduduk yang besar, kesehatan merupakan unsur utama dalam setiap kehidupan seseorang untuk menunjang aktivitas keseharian. Salah satu usaha peningkatan kesehatan pada masyarakat dapat dilakukan yaitu akses pelayanan kesehatan primer oleh masyarakat. Akses layanan kesehatan diterapkan secara darurat keseluruh negara yang terkena dampak pandemi Covid-19, dengan membatasi kebebasan dalam akses layanan kesehatan seperti karantina yang diberlakukan, isolasi wajib terhadap kasus-kasus yang dicuriga, didiagnosis, pelacakan kontak dan pemantauan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan aksesibilitas pasien BPJS Kesehatan selama pandemi Covid-19 di Puskesmas Sudiang Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS Kesehatan di Puskemas Sudiang Raya dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang diperoleh dengan metode accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner serta observasi. Pengolahan data menggunakan SPSS. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Penyajian data dalam bentuk tabel disertai narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan adalah variabel kedekatan (p=0,012 < 0,05), kemampuan menerima (p=0,012 < 0,05), ketersediaan dan akomodasi (p=0,034 < 0,05), dan kesesuaian (p=0,034 < 0,05). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan yaitu variabel keterjangkauan (p=0,321 > 0,05) dengan aksesibilitas pasien BPJS Kesehatan selama pandemi Covid-19 di Puskesmas Sudiang Raya. Oleh karena itu saran kepada pihak puskesmas diperlukan peningkatan pelayanan BPJS Kesehatan di Puskesmas secara berkelanjutan serta peningkatan kesadaran dan disiplin petugas kesehatan dalam melayani pasien dengan baik serta memperhatikan etika dalam memberian pelayanan kesehatan melalui pembinaan dan pengawasan pada pihak puskesmas.
Keywords : Aksesibilitas, Pelayanan, Covid-19 dan Puskesmas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 May 2022 02:21
Last Modified: 31 May 2022 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16235

Actions (login required)

View Item
View Item