STUDI PERILAKU PEKERJA TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI APRON BANDAR UDARA TAMPA PADANG MAMUJU = STUDY OF WORKERS BEHAVIOR TO THE USE OF PERSONAL PROTECTIVE EQUIPMENT (PPE) AT APRON AIRPORT TAMPA PADANG MAMUJU


Anggraeni, Nurul Widi (2021) STUDI PERILAKU PEKERJA TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI APRON BANDAR UDARA TAMPA PADANG MAMUJU = STUDY OF WORKERS BEHAVIOR TO THE USE OF PERSONAL PROTECTIVE EQUIPMENT (PPE) AT APRON AIRPORT TAMPA PADANG MAMUJU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171546_skripsi_cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171546_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (811kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171546_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171546_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Bandar udara salah satu tempat kerja yang mengharuskan setiap pekerja menggunakan APD agar terhindar dari kecelakaan kerja, terutama untuk pekerja apron bandar udara. Penggunaan APD yang masih belum bisa dilaksanakan oleh pekerja disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya pengawasan yang ketat oleh manajemen perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan, sikap, dan tindakan pekerja terhadap penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Apron Bandar Udara Tampa Padang Mamuju pada bulan desember 2020. Adapun informan dalam penelitian ini semua pekerja apron Bandar Udara Tampa Padang Mamuju sebanyak 17 orang. Prosedur pemilihan informan berdasarkan purposive sampling. Cara pengumpulan data dengan wawancara (in-depth interview) dan observasi.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pengetahuan mengenai APD masih kurang dan didukung dengan sikap negatif untuk pemberian sanksi jika tidak menggunakan APD. Hal ini menyebabkan rendahnya penggunaan APD yaitu hanya 3 orang informan yang menggunakan APD secara lengkap. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan APD pekerja masih rendah terutama penggunaan earplugg atau earrmuff karena masih kurangnya pengetahuan pekerja mengenai APD dan tidak tersedianya APD yang lengkap.
Keywords : Kualitatif, Alat Pelindung Diri (APD), Apron, Perilaku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 May 2022 01:44
Last Modified: 27 May 2022 01:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16149

Actions (login required)

View Item
View Item