Pengembangan Model Deteksi Pengendalian Depresi Pada Anak-Anak Korban Kekerasan Seksual Di DKI Jakarta = The Development of the Model of Depression Control Detection in the Victims of Child Sexual Violence in DKI Jakarta.


Indrayani, Triana (2020) Pengembangan Model Deteksi Pengendalian Depresi Pada Anak-Anak Korban Kekerasan Seksual Di DKI Jakarta = The Development of the Model of Depression Control Detection in the Victims of Child Sexual Violence in DKI Jakarta. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013172015_disertasi_cover1.jpg

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013172015_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K013172015_disertasi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013172015_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

TRIANA INDRAYANI. Pengembangan Model Deteksi Pengendalian Depresi Pada Anak-Anak Korban Kekerasan Seksual Di DKI Jakarta. (Dibimbing oleh Sukri Palutturi, Ridwan Amiruddin dan Agus Bintara Birawida)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruk model deteksi pengendalian depresi sebagai model pengukuran apakah mampu memprediksi secara dini pengendalian depresi pada anak-anak korban kekerasan seksual di DKI Jakarta.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan mix method menggunakan lima tahapan penelitian. Tahap I adalah penelitian kualitatif. Tahap II adalah desain model berupa validasi temuan pada tahap I, dengan metode kuantitatif menggunakan desain cross sectional pada 110 anak-anak korban kekerasan seksual dan dianalisis menggunakan SEM PLS. Tahap III adalah tahap membangun sistem aplikasi. Tahap IV adalah implementasi model dilakukan secara kuantitatif dengan cross sectional pada 30 anak-anak korban kekerasan seksual.Tahap V adalah evaluasi efektivitas sistem aplikasi.

Hasil temuan tahap I adalah konstruk variabel dan indicator yang membangun model terdiri dari 8 variabel dan terdiri dari 31 indikator, yairu variabel religiusitas, kepribadian, CBT, keterampilan sosial, aktivitas fisik, dukungan sosial dan pemberdayaan. Hasil tahap II seluruh variabel dan indikator valid dan reliabel dan memiliki pengaruh secara signifikan dan positif, seluruh variabel menjadi pembentuk model deteksi pengendalian depresi dan pembentuk sistem aplikasi melalui hasil perumusan matematis. Tahap IV menemukan hasil bahwa model dapat memprediksi secara tepat dan baik, terdapat hubungan antara tingkat depresi dan pengendalian depresi 0,001. Tahap V menunjukan bahwa sistem aplikasi TRIANA terbukti efektif dalam memprediksi pengendalian depresi anak- anak korban kekerasan seksual. Disimpulkan model deteksi pengendalian depresi anak-anak korban kekerasan seksual merupakan model yang sesuai (fit) dan mampu meprediksi pengendalian depresi secara dini secara akura
Keywords : Anak Korban Seksual, Model Deteksi, Pengendalian Depresi,

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 May 2022 00:48
Last Modified: 18 May 2022 00:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16100

Actions (login required)

View Item
View Item