Analisis Dinamik Model Mangsa Pemangsa pada Dua Patch dengan Efek Allee dan Migrasi pada Pemangsa = Dynamics Analysis of A Two Patch Prey Predator Model with Allee Effect and Migration on Predator


Ra'yan, Ismi (2022) Analisis Dinamik Model Mangsa Pemangsa pada Dua Patch dengan Efek Allee dan Migrasi pada Pemangsa = Dynamics Analysis of A Two Patch Prey Predator Model with Allee Effect and Migration on Predator. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H022181002_tesis_cover1.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H022181002_tesis_bab 1-2.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H022181002_tesis_dp.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H022181002_tesis_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini membahas model mangsa pemangsa pada dua patch dengan efek Allee pada pertumbuhan mangsa dan migrasi pada pemangsa. Diasumsikan bahwa pemangsa melakukan migrasi ke patch dengan interaksi mangsa pemangsa yang lebih terkonsentrasi. Perilaku dinamik model tanpa migrasi dan model dengan migrasi dianalisis. Dari hasil yang diperoleh, titik kesetimbangan trivial bersifat stabil asimtotik lokal untuk kasus efek Allee kuat dan tidak stabil pelana untuk kasus efek Allee lemah, sedangkan titik kesetimbangan batas dan koeksistensi bersifat stabil asimtotik lokal jika memenuhi syarat parameter yang telah ditentukan. Simulasi numerik dilakukan di sekitar titik kesetimbangan koeksistensi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa ambang batas efek Allee mempengaruhi pertumbuhan populasi mangsa ketika mengalami efek Allee kuat. Pertumbuhan mangsa juga bergantung pada kondisi awal kepadatan populasi mangsa dan pemangsa. Selanjutnya, ketika mangsa mengalami efek Allee lemah, tidak ada ambang batas yang harus dilampaui agar mangsa dapat bertahan sehingga untuk setiap kondisi awal bagaimanapun, mangsa tidak akan punah. Selain itu, migrasi pada pemangsa tidak mengubah kestabilan titik kesetimbangan koeksistensi. Jika titik kesetimbangan tanpa migrasi pada pemangsa adalah stabil untuk setiap patch, maka ketika pemangsa melakukan migrasi, titik kesetimbangan koeksis untuk keempat populasi akan tetap stabil.
Keywords: Model Mangsa Pemangsa, Efek Allee, Migrasi, Kestabilan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 May 2022 00:42
Last Modified: 18 May 2022 00:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16077

Actions (login required)

View Item
View Item