SISTEM KOMUNIKASI WEARABLE YANG MENERAPKAN SIRKIT PCB FLEKSIBEL


Munirman, Sufianti (2021) SISTEM KOMUNIKASI WEARABLE YANG MENERAPKAN SIRKIT PCB FLEKSIBEL. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D032182002_tesis_cover1.jpg

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D032182002_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D032182002_tesis_dp.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D032182002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Adaptasi cepat teknologi Wearable Communication untuk diterapkan dalam berbagai bidang telah menunjukkan profil perkembangan yang luar biasa selama satu dekade terakhir. Dalam proyek penelitian ini dikembangkan
prototipe perangkat wearable yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan material komposit serat sekam padi untuk mengkonstruksi Papan PCB yang fleksibel sebagai jalur sirkit dan shield modul komponen IoT dan diuji secara praktis. Perangkat yang dapat dikenakan ini dirancang untuk mentransfer data streaming video dan gambar dalam lingkup di dalam ruangan dan luar ruangan. Objek atau lokasi penginderaan yang ditangkap menggunakan perangkat yang dapat dikenakan yang ditempatkan pada baju pengguna yang terhubung dengan titik akses dan akan mengirim data ke server terdaftar atau stasiun penerima yang diizinkan. Uji coba pertama dari perangkat wearable fabrikasi telah menunjukkan transmisi data yang sangat baik yang dilakukan pada dua lingkungan yang berbeda. Jangkauan komunikasi maksimum antara perangkat yang dapat dikenakan dan titik akses sejauh 87 meter pada pengujian di dalam ruangan sedangkan pengujian di luar ruangan jarak komunikasi maksimum yaitu 60 meter. Selama jangkauan komunikasi tersebut kualitas transmisi menjadi menurun sehingga kekuatan sinyal pengiriman saat pengujian di dalam ruangan sebesar 398 kb/s dan di luar ruangan sebesar 299 kb/s.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Wearable Communication , PCB Fleksibel, Material komposit, ESP32- Cam
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:08
Last Modified: 07 Apr 2022 05:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15255

Actions (login required)

View Item
View Item