Studi Tahanan pada Kapal Cepat Berlambung Dua Tangga = STUDY ON RESISTANCE OF HIGH SPEED CRAFT FASTFERRY WITH TWO STEPPED HULL


Delo, Muhamad Toraray (2022) Studi Tahanan pada Kapal Cepat Berlambung Dua Tangga = STUDY ON RESISTANCE OF HIGH SPEED CRAFT FASTFERRY WITH TWO STEPPED HULL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116518_skripsi_cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116518_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116518_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116518_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Dewasa ini,tren desain kapal cepat mengalami perubahan atau modifikasi guna mendapatkan desain kapal yang menjamin performa dan keselamatan saat berlayar di lautan, salah satunya modifikasi pada lambung. Salah satu bentuk modifikasi lambung adalah penambahan bentuk tangga pada lambung atau stepped hull. Prinsip dari pengguna stepped hull adalah mengurangi permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Desain bentuk stepped pada awalnya didasarkan pada fitur geomentri 2D (dimensi) yaitu bentuk V dan W dan geometri segmen 2 Dimensi yaitu bentuk U dan 2-U. Luas penampang setiap stepped V, U, W, dan 2-U adalah sama yaitu sekitar 4,1899 m2. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan besaran perubahan nilai tahanan yang terjadi pada masing masing kondisi trim dan mengetahui besar nilai tahanan model kapal semi planing hull menggunakan bentuk 2 tangga V, U, W, dan 2U berdasarkan analisis sofware maxsurf . Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen yang dilakukan dilab o Hidrodinamika kapal untuk mendapatkan kecepatan dan derajat trim model kapal, yang selanjutnya akan menjadi data dalam penentuan nilai tahanan menggunakan software maxsurf. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bagaimana pengaruh kenaikan trim dan hubungannya dengan tahanan kapal cepat dengan menggukan desain bentuk stepped V, U, W, dan 2-U pada setiap kecepatan yang berbeda. Dimana hasilnya adalah nilai tahanan model kapal 2 stepped V, U, W dan 2-U yang terbesar terjadi pada kondisi trim 2° dengan rata-rata Froude number volume 1,9-2,4 sebesar 0,29% Perubahan kenaikan tahanan yang menurun terjadi pada kondisi trim kapal 3° dengan rata-rata Froude number volume 2,7-3,9 sebesar 0,14 %. Dan untuk model kapal 2 stepped dengan bentuk W lebih kecil dibandingkan bentuk stepped V, U dan 2-U berdasarkan Froude Number volume. Dimana pada Froude Number volume 2,4 sampai dengan 4,08 mengalami penurunan akibat perubahan luas bidang basah yang semakin kecil karena kecepatan tinggi dan kondisi trim yang besar.Sehingga dapat disimpulkan semakin besar kondisi trim akibat kecepatan tinggi maka nilai tahanan kapal berkurang karena pengurangan luas bidang basah kapal.
Kata Kunci : Stepped , Eksperimen, Tahanan, Sofware Maxsurf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:10
Last Modified: 31 Mar 2022 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14853

Actions (login required)

View Item
View Item