Analisis Beban Kerja Mental Dosen Selama Pembelajaran Daring = Analysis Mental Workload Of Lecturers During Online Learning


Fadhila, Mentari Nur (2022) Analisis Beban Kerja Mental Dosen Selama Pembelajaran Daring = Analysis Mental Workload Of Lecturers During Online Learning. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071171515_skripsi_Cover1.jpg

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071171515_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071171515_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071171515_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Berawal adanya pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan pola aktivitas belajar mengajar di semua Instansi. Kegiatan yang awalnya dilakukan dengan metode tatap muka, menjadi metode daring. Perubahan tersebut dapat menimbulkan beban mental pada kalangan dosen karena adanya risiko yang dapat menyebabkan kelelahan lebih mudah karena harus selalu menatap layar komputer lebih lama dari biasanya. Beban kerja mental yang berlebihan akan dapat memberikan dampak yang buruk terhadap tubuh, seperti stres kerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja mental dosen saat pembelajaran daring. Pengukuran beban kerja mental menggunakan metode NASA-TLX. Uji statistic yang digunakan pada penelitian ini yaitu One Way Anova dan Kruskall Wallis sebagai uji komparatif dengan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja mental yang diterima dosen berada pada kategori tinggi. Perbedaan rata-rata beban mental yang signifikan dapat dilihat berdasarkan status kepegawaian dan jumlah jam kerja perminggu.
Kata Kunci : Beban Kerja Mental, NASA-TLX, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:25
Last Modified: 28 Mar 2022 01:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item
View Item