KONSEPTUAL DESAIN KAPAL WISATA BERDASARKAN BENTUK IKAN LUMBA-LUMBA DAN PERTIMBANGAN HIDRODINAMIKA - CONCEPTUAL DESIGN OF TOURISM SHIP BASED ON THE SHAPES OF DOMBES AND HYDRODYNAMIC CONSIDERATIONS


Wafi, Moh. Al. Fadlil (2022) KONSEPTUAL DESAIN KAPAL WISATA BERDASARKAN BENTUK IKAN LUMBA-LUMBA DAN PERTIMBANGAN HIDRODINAMIKA - CONCEPTUAL DESIGN OF TOURISM SHIP BASED ON THE SHAPES OF DOMBES AND HYDRODYNAMIC CONSIDERATIONS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031171022_skripsi_Cover1.jpg

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031171022_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031171022_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031171022_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Ekosistem terumbu karang yang sedang naik daun menyajikan keindahan bawah laut dari jenis-jenis spesies terumbu karang nya dan ikan-ikan hias yang memang habitatnya di terumbu karang ini. Tak hanya itu Indonesia mempunyai keunggulauan lain yaitu Indonesia merupakan salah satu kawasan Coral Triangel dunia dimana sebanyak 590 jenis spesies karang yang ada di Indonesia atau sebanyak 30% jenis spesies terumbu karang di dunia berada di Indonesia. Kapal wisata sebagai moda trasportasi laut menjadi sangat penting belakangan ini mengingat Banyak nya potensi wisata bahari yang ada di indonesia. Kapal yang ada saat ini sudah mengalami berbagai perkembangan hingga menjadi transportasi berteknologi dan inovasi tinggi. Untuk lebih menarik wiasatawan maka diperlukan inovasi yang belum ada di Indonesia. Adalah kapal wisata berjenis yacht yang terinspirasi dari bentuk ikan lumba-lumba tentunya sangat unik, sebelumnya bentuk ikan lumba-lumba sudah digunakan sebagai refrensi pembuatan kapal selam. Disini Penulis juga ingin mengimplementasikan bentuk ikan lumba lumba sebagai kapal wisata tentunya sangat menarik dan unik pastinya memberikan kesan yang berbeda bagi para penumpang. Dari serangkaian proses desain dengan mengacu pada aturan dan regulasi yang ada, maka didaparkan LBP = 26.5 m, B = 7.5 m, H = 3 m, T= 1.2 m, dengan kapasitas penumpang sebanyak 8 orang. Setelah di dapatkan ukuran utama ini, dilanjutkan dengan anslisis stabilitas, analisis tahanan, pembuatan lines plan, general arrangement dan desain 3D.
Keywords : Yacht, Kapal, Wisata, Lumba-lumba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:09
Last Modified: 28 Mar 2022 01:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item
View Item