مسائل تعلم اللغة العربية (دراسة حالة التعلم في المدرسة الثانوية الإسلامية المتكاملة نور الفكر مكاسر) = Problematics of learning Arabic at SMPIT Nurul Fikri Makassar


Qalbi, Taskia (2022) مسائل تعلم اللغة العربية (دراسة حالة التعلم في المدرسة الثانوية الإسلامية المتكاملة نور الفكر مكاسر) = Problematics of learning Arabic at SMPIT Nurul Fikri Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031171503_skripsi_Cover1.jpg

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031171503_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031171503_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031171503_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Taskia Qalbi, "Problematika pembelajaran bahasa Arab SMPIT Nurul Fikri Makassar". (Dibimbing oleh Muhammad Ridwan, S.S, MA dan Dr. Andi Agussalim, M.Hum)
Penelitian dalam skripsi ini mengacu pada dua pokok permasalahan antara lain: (1) Mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab SMPIT Nurul Fikri Makassar (2). Mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab SMPIT Nurul Fikri Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa ucapan atau tulisan dan prilaku yang dapat dimati oleh orang. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Teknik observasi, Teknik wawancara dan Teknik dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: Proses pembelajaran bahasa Arab SMPIT Nurul Fikri Makassar diantaranya (1) Guru membuat rancangan pembelajaran yang merujuk kepada modul yang telah disusun oleh Tim Bilingual (2) Pembelajaran bahasa Arab dilaksakan dalam sekali sepekan dengan estimasi waktu 60 menit setiap pertemuan (3) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab SMPIT Nurul Fikri Makassar terdiri dari penilaian harian, UTS,UAS dan Ujian Kelulusan. Problematika Pembelajaran bahasa Arab SMPIT Nurul Fikri Makassar diantaranya: (1) Problem Linguistik diantaranya, Tata bunyi, kosa kata, tata kalimat dan tulisan (2) Problem non Linguistik diantaranya, faktor sosio-kultural, buku ajara, lingkungan sosial, dan metodologis.
Kata kunci: Problematika, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:59
Last Modified: 21 Mar 2022 01:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item
View Item