HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA ANGKATAN 2017 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN


Seppo, Muthia Ditasya Ali (2020) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA ANGKATAN 2017 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011171555_skripsi COVER1.png

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011171555_skripsi 1-2.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011171555_skripsi DP.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011171555_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Selama menjalani pendidikan, prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur penguasaan kompetensi mahasiswa di bidang ilmunya. Penelitian di bidang psikiatri membuktikan bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang adalah stres. Perguruan tinggi selalu dianggap sebagai lingkungan yang sangat menegangkan dan memicu stress bagi mahasiswa terutama mahasiswa kedokteran. Meskipun penelitian di beberapa perguruan tinggi menemukan tingkat prevalensi stress pada mahasiswa berbeda-beda. Ada yang menemukan bahwa tidak ada hubungan antara toleransi terhadap stres dengan indeks prestasi mahasiswa kedokteran tapi adapula yang menemukan hubungan yang signifikan antara kedua faktor. Mahasiswa angkatan 2017 fakultas kedokteran Unhas, memiliki indeks prestasi yang berbeda-beda selama empat semester dari yang terendah hingga tertinggi. Hal ini menarik untuk diteliti apakah terdapat hubungan antara tingkat stres dengan rendah dan tingginya indeks prestasi akademik mahasiswa angkatan 2017 pada fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin.
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan study cross sectional dilaksanakan mulai bulan Oktober - November 2019 di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel 76 orang. Pendekatan dilakukan menggunakan teknik simple random sampling berupa kuesioner yang sesuai dengan variabel yang diteliti dan berupa nilai indeks prestasi akademik yang di ambil dibagian akademik fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin.
Hasil: Didapatkan tidak ada hubungan antara tingkat stres dengan indeks prestasi akademik pada prodi Pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin angkatan 2017. Dari hasil olah data stresor akademik dengan nilai p=0,723 yang memiliki nilai lebih besar dari α = 0,05.
Kesimpulan: Sebagian besar mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2017 mengalami stress yang masih dalam batas normal. Hanya sebagian kecil yang mengalami stress sedang dan berat. Hal tersebut tidak mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, karena ditemukan sebagian besar mahasiswa fakultas Kedokteran memiliki Indeks prestasi yang sangat memuaskan dan pujian. Hanya sebagian kecil memiliki Indeks Prestasi yang kurang memuaskan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat stres dengan indeks prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:09
Last Modified: 06 Nov 2024 04:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item
View Item