Potensi Pengembangan Obyek Wisata Bahari Pulau Dutungan, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan


Ratna, Ceren (2022) Potensi Pengembangan Obyek Wisata Bahari Pulau Dutungan, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
L041171502 cover.png

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
L041171502 1-2.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
L041171502 dp.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
L041171502.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Potensi dan daya tarik obyek wisata bahari Pulau Dutungan, Kecaamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan yang ditinjau dari persepsi wisatawan; (2) Strategi pengembangan obyek wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata bahari tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 43 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi wisatawan mengenai potensi dan daya tarik Pulau Dutungan ditinjau dari 4 indikator (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancillary) menunjukkan bahwa Pulau Dutunga menarik untuk dikunjungi atau dijadikan destinasi wisata; (2) Berdasarkan hasil analisis SWOT, Pulau Dutungan memiliki kekuatan (strengths): Panorama pantai yang mempesona, pasir putih dan terumbu karang yang indah, Aksesibilitas, sarana dan prasarana yang menunjang, Letak objek wisata yang strategis; kelemahan (weakness): Kebersihan pulau yang kurang terjaga, Kuranganya tenaga kerja, Protokol kesehatan yang belum maksimal, Kurangnya nilai estetika dalam penempatan sarana dan prasarana, Kurangnya jumlah kapal untuk menyeberang pulau; peluang (oportunities): Menciptakan tenaga kerja, Meningkatnya kunjungan wisatawan dalam dan luar daerah, Tersedianya informasi obyek wisata yang jelas melalui media elektronik, Promosi media sosial (Instagram) yang sudah efektif; ancaman (threats): Tingginya persaingan antar obyek wisata sejenis lainnya, Degradasi lingkungan.
Kata Kunci: Potensi Pengembangan, Persepsi Wisatawan, Strategi Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:12
Last Modified: 08 Mar 2022 06:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13920

Actions (login required)

View Item
View Item