Putra, Ahmad Ryan Rembi (2022) ANALISIS PENGARUH BENTUK PENGARAH ANGIN (DEFLECTOR) TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIKA PADA KENDARAAN TRUK = ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF DEFLECTOR SHAPE ON AERODYNAMIC RESISTANCE ON TRUCKS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D021171018_skripsi_18-01-2022 cover.png
Download (222kB) | Preview
D021171018_skripsi_18-01-2022 1-2.pdf
Download (930kB)
D021171018_skripsi_18-01-2022 dp.pdf
Download (602kB)
D021171018_skripsi_18-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Ahmad Ryan Rembi Putra, Analisis Pengaruh Bentuk Pengarah Angin (Deflector) Terhadap Hambatan Aerodinamika Pada Kendaraan Truk (dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, M.T dan Dr. Rustan Tarakka, S.T., M.T.).
Penelitian berlokasi di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin tepatnya di laboratorium mekanika fluida departemen Teknik Mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol pasif berupa deflector terhadap drag aerodinamika model kendaraan truk. Objek penelitian ini adalah kendaraan truk box yang telah dimodifikasi. Penelitian dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekataan komputasi memanfaatkan program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan pendekatan eksperimental dengan menggunakan Subsonic wind Tunnel yang tersedia di laboratorium mekanika fluida departemen Teknik Mesin. Untuk pendekatan komputasi diperoleh data berupa karakteristik aliran, koefisien tekanan (CP), dan koefisien drag (CD). Namun pada pendekatan eksperimental difokuskan untuk memvalidasi koefisien tekanan dan koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Terdapat tiga jenis deflector yang digunakan yaitu deflector datar, deflector cekung, dan deflector cembung. Kecepatan upstream yang dialirkan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s, 22.2 m/s. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol pasif berupa deflector dapat menunda separasi aliran dan memperkecil olakan pada bagian atas kepala dan bagian belakang model uji. Nilai koefisien tekanan mampu ditingkatkan dan mengurangi nilai koefisien drag dengan reduksi tertinggi sebesar 10.325% untuk pendekatan komputasi dan 8.334% untuk pendekatan eksperimental.
Keywords : CFD, Deflector, Karakteristik Aliran, Koefisien Tekanan, Koefisien Drag
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 02:13 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 02:13 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13744 |