ANALISIS PENGARUH BENTUK PENGARAH ANGIN (DEFLECTOR) TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIKA PADA KENDARAAN TRUK = ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF DEFLECTOR SHAPE ON AERODYNAMIC RESISTANCE ON TRUCKS


Putra, Ahmad Ryan Rembi (2022) ANALISIS PENGARUH BENTUK PENGARAH ANGIN (DEFLECTOR) TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIKA PADA KENDARAAN TRUK = ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF DEFLECTOR SHAPE ON AERODYNAMIC RESISTANCE ON TRUCKS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D021171018_skripsi_18-01-2022 cover.png

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D021171018_skripsi_18-01-2022 1-2.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D021171018_skripsi_18-01-2022 dp.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D021171018_skripsi_18-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Ahmad Ryan Rembi Putra, Analisis Pengaruh Bentuk Pengarah Angin (Deflector) Terhadap Hambatan Aerodinamika Pada Kendaraan Truk (dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, M.T dan Dr. Rustan Tarakka, S.T., M.T.).
Penelitian berlokasi di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin tepatnya di laboratorium mekanika fluida departemen Teknik Mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol pasif berupa deflector terhadap drag aerodinamika model kendaraan truk. Objek penelitian ini adalah kendaraan truk box yang telah dimodifikasi. Penelitian dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekataan komputasi memanfaatkan program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan pendekatan eksperimental dengan menggunakan Subsonic wind Tunnel yang tersedia di laboratorium mekanika fluida departemen Teknik Mesin. Untuk pendekatan komputasi diperoleh data berupa karakteristik aliran, koefisien tekanan (CP), dan koefisien drag (CD). Namun pada pendekatan eksperimental difokuskan untuk memvalidasi koefisien tekanan dan koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Terdapat tiga jenis deflector yang digunakan yaitu deflector datar, deflector cekung, dan deflector cembung. Kecepatan upstream yang dialirkan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s, 22.2 m/s. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol pasif berupa deflector dapat menunda separasi aliran dan memperkecil olakan pada bagian atas kepala dan bagian belakang model uji. Nilai koefisien tekanan mampu ditingkatkan dan mengurangi nilai koefisien drag dengan reduksi tertinggi sebesar 10.325% untuk pendekatan komputasi dan 8.334% untuk pendekatan eksperimental.
Keywords : CFD, Deflector, Karakteristik Aliran, Koefisien Tekanan, Koefisien Drag

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:13
Last Modified: 08 Mar 2022 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item
View Item