Khoiri, Astri Alfi (2022) Gaya hidup infuencer di kota makassar = Influencer Lifestyle In Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E41116016_skripsi_04-02-2022 cover.png
Download (88kB) | Preview
E41116016_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
E41116016_skripsi_04-02-2022 dp.pdf
Download (719kB)
E41116016_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Astri Alfi Khoiri, E41116016, “Gaya Hidup Influencer Di Kota Makassar”. Dibimbing oleh Drs. Andi Haris M.Sc, Ph.D dan Drs. Hasbi, M.Si, Ph.D Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna influencer sudut pandang influencer di Kota Makassar serta untuk mendeskripsikan cara influencer mengkonstruksi gaya hidup mereka di Kota Makassar. Semakin masifnya masyarakat Kota Makassar yang menjadikan influencer sebagai model pekerjaan baru yang berkembang selaras dengan perkembangan teknologi informasi.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam menentukan informan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data primer dan data sekunder.
Influencer memiliki makna sosial yang berlapis-lapis. Influencer dapat dimaknai sebagai suatu gaya ketika influencer hanya sampai pada praktik mengkonstruksi identitas atau citra dirinya agar wacana yang dia sampaikan tidak sama dengan influencer lain. Sedangkan influencer dimaknai sebagai mode fashion ketika influencer membeli sesuatu barang atau produk untuk kebutuhan penyampaian isu-isu yang akan dibawakan. Dan terakhir, influencer dimaknai sebagai budaya ketika praktik influencer telah melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru yang kemudian diikuti secara massal atau mengalami peniruan-peniruan ritus sosial. Gaya hidup yang dipraktikkan oleh influencer di Kota Makassar merupakan manifestasi hasil dari pengetahuan, kenyataan atau realita yang sehari-hari dijalani, dan kesadaran dari influencer yang kemudian mengalami proses dialektika secara simultan dalam tiga tahap: eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi.
Kata Kunci: Influencer, Gaya Hidup, Konsumerisme, Konstruksi Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 05:42 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 05:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13564 |