Modal sosial masyarakat digital (studi kasus pada peningkatan popularitas youtuber milenial di kota makassar) = ABSTRACT Social Capital of Digital Community: A Case Study on the Increase of Popularity of Millennial YouTubers in Makassar City


Wijaya, Andry (2022) Modal sosial masyarakat digital (studi kasus pada peningkatan popularitas youtuber milenial di kota makassar) = ABSTRACT Social Capital of Digital Community: A Case Study on the Increase of Popularity of Millennial YouTubers in Makassar City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032171009_tesis cover.png

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032171009_tesis 1-2.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032171009_tesis dp.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032171009_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ANDRY WIJAYA. Modal Sosial Masyarakat Digital: Studi Kasus pada Peningkatan Popularitas Youtuber Milenial di Kota Makassar (dibimbing oleh Suparman Abdullah dan Rahmat Muhammad)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaaian modal sosial trust para youtuber dalam meningkatkan popularitas dan pemanfaatan modal sosial linking para youtuber dalam meningkatkan popularitas

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan adalah para youtuber milenial yang berdomisili di kota Makassar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial trust banyak digunakan oleh para youtuber untuk meningkatkan popularitasnya. Dalam hal ini, dapat meningkatkan jumlah subscriber dan viewer di channel youtube-nya Para youtuber banyak memanfaatkan modal sosial linking atau jaringan dalam meningkatkan jumlah subscriber dan viewers-nya. Adapun, modal sosial jaringan yang digunakan adalah dengan memanfaatkan pertemanan serta komunitas para youtuber dalam proses perancangan konten, pengambilan video, pengeditan, sampai pada pengunggahan video serta sosialisasi channel youtube guna meminimalisasi biaya pengelolaan channel youtube para youtuber.

Kata kunci; youtuber, modal sosial, dan kepercayaan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:37
Last Modified: 23 Feb 2022 05:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13560

Actions (login required)

View Item
View Item