MEDIA PEMBELAJARAN KEBUTUHAN DASAR DAN PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL BERBASIS ANDROID PADA MASA PANDEMIC COVID – 19


Ni'sa, Indra Farah (2022) MEDIA PEMBELAJARAN KEBUTUHAN DASAR DAN PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL BERBASIS ANDROID PADA MASA PANDEMIC COVID – 19. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P102192005_tesis_31-01-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102192005_tesis_31-01-2022 cover.png

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P102192005_tesis_31-01-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of FUll text] Text (FUll text)
P102192005_tesis_31-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

INDRA FARAH NI’SA. Media Pembelajaran Kebutuhan Dasar dan Pemeriksaan antenatalcare pada ibu hamil berbasis android di mahasiswa D-III Kebidanan pada masa pandemic Covid 19 (dibimbing oleh Syafruddin Syarif dan Sri Ramadany).
Tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan media pembelajaran kebutuhan dasar dan pemeriksaan antenatalcare (ANC) ibu hamil berbasis android di mahasiswa D-III Kebidanan pada masa pandemi Covid-19.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Researh and Development (R&D)) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Metode ini merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk penelitian. Untuk menilai tingkat pengetahuan mahasiswa digunakan praeksperimental (desain pra uji dan pascauji satu kelompok). Desain ini digunakan untuk melihat pengaruh pengetahuan sebelum dan setelah diberikan media pembelajaran asuhan kebidanan kehamilan berbasis android diberikan kepada mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa D-III Kebidanan Paramata sebanyak 34 orang yang ditetapkan berdasarkan teknik purposif. Data dianalisis secara statistic deskriptif melalui uji McNemar.
“Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian media pembelajaran pada uji validasi uji validasi ahli materi didapatkan nilai (95,00%) dengan kategori sangat layak. Begitu juga hasil validasi dengan ahli media didapatkan (92,50%) dengan kategori sangat layak. Adapun untuk menilai kegunaan media dengan menggunakan kuisioner Technology Acceptance Model (TAM) dengan menilai dari beberapa aspek diantaranya kemudahan, kegunaan, kepercayaan, niat pengguna, dan perilaku pengguna dikategorikan baik. Hasil uji statistik mengenai pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan intervesi berupa aplikasi media pembelajaran berbasis android didapati adanya perbedaan pengetahuan yang signifikan dengan nilai p<α dimana 0,00<0,05. Artinya, media pembelajaran asuhan kebidanan kehamilan berbasis android dinilai dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa kebidanan tentang materi kebutuhan dasar dan pemeriksaan antenatalcare pada ibu hamil.”

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media pembelajaran, android, kebutuhan dasar, antenatalcare, pengetahuan.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:08
Last Modified: 10 Feb 2022 07:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13140

Actions (login required)

View Item
View Item