ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LATEMMAMALA SOPPENG


Witma, Andi Besse (2022) ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LATEMMAMALA SOPPENG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
K011171316_skripsi cover1.png

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
K011171316_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
K011171316_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
K011171316_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan pada rumah sakit sangat penting untuk mengukur tingkat kepuasan pasien. Mutu pelayanan kesehatan dapat diukur dengan melihat dimensi mutu pelayanan kesehatan yaitu kompetens teknis, akses terhadap pelayanan, kenyamanan, hubungan antar manusia dan ketepatan waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Latemmamala Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Latemmamala Soppeng sebanyak 64 responden yang diperoleh dari metode proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner serta observasi. Pengolahan data menggunakan SPSS. Analisis data dalam penelitian ini yaitu univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Penyajian data dalam bentuk tabel disertai narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Latemmamala Soppeng, dengan kompetensi teknis (p=0,001), akses terhadap pelayanan (p=0,000), kenyamanan (p=0,000), hubungan antar manusia (p=0,000), ketepatan waktu (p=0,000).
Peneliti menyarankan Kepada tenaga medis yang menangani pasien secara langsung tetap mengikuti pedoman tenaga kesehatan pada saat pandemi Covid-19 ini, dan tetap memberikan pelayanan yang berkualitas. Untuk semua pihak yang yang berada di Rumah Sakit Latemmamala Soppeng, tenaga medis, petugas kebersihan, maupun pasien agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:06
Last Modified: 31 Jan 2022 04:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12808

Actions (login required)

View Item
View Item